Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Bengkulu Siapkan Rp 1,5 Triliun

Kompas.com - 03/08/2011, 13:16 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Bank Indonesia Bengkulu menyiapkan uang Rp 1,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan menukarkan uangnya menjelang hari raya Idul Fitri nanti.

Pemimpin BI Bengkulu Causa Iman Karana, Rabu (3/8/2011), mengatakan, jumlah itu sudah lebih dari cukup. Sebab, berdasarkan pengalaman tahun lalu jumlah uang yang ditukar hanya berkisar Rp 600 miliar-Rp 700 miliar.

"Karena itu stok kami dua kali lipatnya," ujarnya.

Iman menambahkan, dari total Rp 1,5 triliun tersebut, sekitar Rp 200 miliar di antaranya merupakan uang kartal pecahan di bawah Rp 20.000. "Kebanyakan masyarakat, kan, menukarkan uang ke pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, dan Rp 5.000," kata Iman.

Masyarakat Bengkulu bisa menukarkan uangnya mulai tanggal 8 Agustus di kantor BI, dan bank-bank lain seperti BCA, BRI, Bank Bengkulu, BNI, dan Bank Mandiri.

Selain di bank, kata Iman, masyarakat bisa menukarkan uangnya ke mobil kas keliling yang ditempatkan di lokasi keramaian dan terminal. Ada satu mobil kas keliling milik BI dan satu mobil dari Bank Bengkulu yang dikerahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com