Hmm... Minum Wedang Asem di Kafe

Kompas.com - 11/10/2011, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Minum wedang asem panas di kafe? Mungkin Anda akan bertanya-tanya  di manakah kafe yang menyediakan wedang khas jamu jawa tersebut.

Jawabannya ada di Café House of Sampoerna, Surabaya, Jawa Timur. Kafe dengan konsep bangunan kolonial ini menyediakan menu minuman tradisional selain  minuman panas seperti kopi, cappuccino, milkshake, dan lain-lain.

Wedang asem panas dihidangkan di gelas tinggi dengan campuran gula merah dan saringan asem. Disajikan panas-panas dengan tambahan kapulaga dan cengkeh yang mengambang di permukaan gelas.

Rasanya asem manis pedas menjadi satu dan terasa hangat di leher apabila diminum. Harganya Rp 20.000 per gelas. Minuman ini sangat cocok bagi pengunjung yang sedang sakit flu.

Apabila Anda berkunjung ke kafe ini, desain ruangannya terasa klasik dan seakan dibawa kembali ke zaman Belanda dulu. Bangunan ini berdiri sudah hampir 150 tahun sejak tahun 1862.

Di luar bagian depan kafe layaknya bangunan kuno, ada teras sebelum masuk ruangan utama dan dihiasi dengan pot-pot tanaman yang menghijau. Pilar-pilar kokoh menunjukkan bangunan masa lalu dan jendela dengan kaca timah kuno menghiasi jendela luar.   Memasuki gedungnya seperti masuk ke ruang tamu karena di dalam ruangan itu disekat menjadi tiga ruangan seperti rumah kuno. Ada ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga yang dilengkap dengan mini bar yang ditata dengan berbagai minuman ala barat. Apabila datang di malam hari datang, terasa di luar gedung suasana temaram karena lampu luar dibuat redup.

Lokasinya bersebelahan dengan Museum House of Sampoerna. Uniknya kafe ini menggabungkan sejarah dan seni. Di lingkungan kafe terdapat galeri seni, museum, dan toko cendera mata khas Jawa Timur seperti batik-batik Madura.

Di dalam ruangan kafe ditata dengan model art deco. Kafe ini mempunyai menu barat dan Jawa Timur. Mulai berbagai menu steak sampai makanan Jawa Timur seperti tahu campur, sate, sop buntut, dan nasi goreng.

Iringan musik live dengan lagu-lagu barat disuguhkan mulai hari Jumat-Minggu pada malam hari. Sound system cukup bagus. Sehingga pengujung di dalam tiga ruangan yang berbeda bisa mendengar suara musik dengan baik. Jam buka mulai pukul 09.00-22.00 WIB. (Asita DK Suryanto)


Editorkadek

Close Ads X