Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner Korea yang Bikin Ketagihan

Kompas.com - 14/11/2011, 17:39 WIB

KOMPAS.com - Korea dikenal sebagai negeri yang kaya akan koleksi kuliner lezat. Jika selama ini Anda mungkin sekedar tahu tentang kimchi dan bulgogi sebagai makanan khas Korea, Anda bakal terkejut saat berada di negeri ini, bahwa ternyata ada banyak sekali makanan khas Korea dengan cita rasa tinggi yang belum terekspos ke mancanegara.

Kebanyakan makanan Korea senantiasa memiliki rasa yang ‘berani’ dengan campuran bubuk cabai kering dan juga bawang putih. Bagi Anda yang tidak suka makanan pedas, seperti saya, ataupun bawang putih, jangan keburu berkecil hati karena ada banyak jenis makanan lain yang tak kalah lezatnya, yang tidak menggunakan kedua bumbu masak tersebut.

Anda bisa mencicipi nikmatnya makanan Korea dari yang paling sederhana sekalipun, yaitu makanan ala vegetarian yang banyak disajikan di berbagai vihara dan biara agama Buddha. Hingga makanan aristokrat para raja di masa lalu. Semuanya dengan harga yang masih terjangkau oleh kantong kita-kita.

Nilai filosofis di balik pembuatan makanan Korea adalah selalu berupaya menampilkan kombinasi dari keserasian (balanced) antara panas dan dingin, asin dan manis, pedas dan kecut, yin dan yang.

Makanan utama yang pasti disajikan dalam setiap menu kuliner Korea adalah bap (nasi) atau juk (bubur) yang disajikan di dalam sebuah mangkuk berukuran sedang. Kecuali apabila makanan yang Anda santap adalah mi yang dianggap sebagai pengganti nasi. Kebiasaan makan nasi bagi masyarakat Korea hampir sama dengan kebanyakan masyarakat Indonesia, yakni 3 kali sehari, mulai dari makan pagi, siang, dan malam.

Di samping satu mangkuk nasi putih, Anda juga akan mendapatkan satu mangkuk sup yang dalam bahasa setempat disebut guk. Di samping itu, biasanya di atas meja juga disajikan makanan dengan kuah agak kental di dalam sebuah wadah dari tanah liat yang panas (jjigae atau jungol) yang biasanya merupakan makanan utama untuk dinikmati bersama dengan orang lain yang duduk satu meja dengan kita.

Satu jenis makanan yang tidak mungkin terlupakan saat penyajian makanan Korea adalah kimchi. Kimchi adalah sayuran yang telah dibumbui dan difermentasikan sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas. Bagi kebanyakan orang asing, kimchi seringkali tidak begitu disukai. Apalagi bagi mereka yang tidak suka makanan pedas seperti saya.

Jenis makanan lain yang juga sering disajikan saat jamuan makan khas Korea adalah mit banchan. Hidangan satu ini adalah berbagai paduan makanan kecil, bisa terdiri atas acar lobak, asinan seafood, ataupun sayuran. Biasanya diletakkan di tengah-tengah meja untuk disantap bersama. (AGUNG BASUKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com