Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyepi, Pertamina Hemat 3.000 Kiloliter BBM Bersubsidi

Kompas.com - 25/03/2012, 06:06 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Selain bebas polusi udara, tidak adanya kendaraan yang melintas di jalan raya saat Nyepi di Bali, Jumat (23/3/12), juga menghemat 3.000 kiloliter bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Bali. Hal ini mengacu pada rata-rata konsumsi BBM di Bali untuk premium 2.300 kiloliter dan solar 7000 kiloliter.

Tak hanya BBM, Pertamina juga menghentikan pasokan 80 kiloliter avtur. Pasalnya, aktivitas penerbangan di Bandara Ngurah Rai juga dihentikan saat Nyepi.   

"Pada saat pemerintah sedang memikirkan subsidi BBM, masyarakat Bali sudah mampu menghemat penggunaan BBM. Kemungkinan besar, energi listrik juga megalami penghematan," ujar Manajer Penjualan PT Pertamina Area Bali-Nusa Tenggara Barat, Iin Febrian, di Denpasar, Sabtu (24/3/12).

"Hanya di Bali yang bisa menghemat BBM sebanyak itu," imbuhnya.

Atas penghematan yang cukup besar ini, Lin Febrian mengucapkan terima kasih kepada warga Bali yang tidak menggunakan kendaraan bermotor selama Nyepi. Penghematan BBM sebesar 20 persen juga diperkirakan masih terjadi pada Sabtu, karena sebagian warga Bali belum memulai aktivitasnya seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com