Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke PRJ, Naik "Shuttle Bus" Gratis Pergi-Pulang

Kompas.com - 20/06/2012, 15:52 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jalan-jalan di hari kerja, Rabu (20/6/2012), misalnya, kenapa tidak? Sepulang dari kantor atau tempat kerja, ternyata kita bisa menentukan destinasi wisata di seputar bilangan Jakarta. Tepatnya ke Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ke PRJ, kita tak perlu bersusah payah. Parkirkan motor atau mobil Anda di Monas, berangkatlah ke PRJ dengan shuttle bus Jakarta Fair 2012, gratis!

Event Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tidak pernah sepi dari pengunjung, baik di akhir pekan maupun hari-hari biasa. Kompas.com sudah membuktikannya. Ke JFK jadi lebih mudah dengan bus yang dipersiapkan PT Jakarta International Expo (JIExpo) untuk mengantar warga Jakarta yang ingin ke PRJ. Hendra Handoko contohnya. Lelaki paruh baya ini sengaja berangkat dari Kalideres ke Jakarta Fair demi mengisi kegiatan sore harinya.

"Pulang kerja jenuh, kita bisa cari-cari hiburan di PRJ. Tiap tahun saya selalu datang," katanya kepada Kompas.com.

Dalam satu event JFK, Handoko setidaknya dua-tiga kali berkunjung ke arena JIExpo, Kemayoran. "Beberapa tahun belakangan, ke PRJ bisa naik shuttle bus gratis dari Monas," katanya sebelum berangkat dari lapangan IRTI Monas menuju Arena PRJ.

Pelayanan shuttle bus pada tahun ini disediakan lebih banyak dibandingkan tahun lalu, yaitu enam bus. Menurut pengelola shuttle bus, unit akan ditambah jika pengunjung JFK membeludak. Pada hari Senin-Jumat, shuttle bus yang beroperasi berjumlah empat unit, meski pada kenyataannya hari itu hanya dua bus yang hilir mudik menjemput-antar penumpang PRJ 2012. Penuh ataupun kosong, bus tetap akan berangkat.

Pada Sabtu dan Minggu, jumlah bus yang disediakan sebanyak enam unit. Detiap shuttle bus akan berangkat 30 menit sebelum acara dimulai, yaitu pukul 14.30 WIB untuk jam pemberangkatan pertama. Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Selasa (19/2/2012), bus berangkat pukul 14.21 WIB dengan jumlah penumpang 59 orang. Adapun bus kedua datang pukul 15.47 WIB dan berangkat ke PRJ pukul 16.02 WIB dengan penumpang 81 orang.

Untuk seterusnya, waktu keberangkatan menjadi fleksibel, mengingat laporan sopir bahwa jika jam kedatangan disesuaikan dengan macet-tidaknya perjalanan kembali ke Lapangan IRTI. Bagi pengunjung yang hendak pulang, bus ini akan siap mengantar Anda dari pintu Gambir Expo Kemayoran kembali ke Lapangan IRTI, sampai pukul 23.00 WIB, juga tanpa biaya alias gratis.

Jakarta Fair akan berlangsung sampai 15 Juli nanti. Aneka hiburan siap memeriahkan acara, dengan harga tiket masuk Rp 20.000 untuk hari Senin sampai Kamis, atau Rp 25.000 untuk Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com