Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Kolak Ini Berwarna Ungu!

Kompas.com - 08/08/2012, 07:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolak sangat terkenal di Indonesia sebagai menu saat buka puasa di bulan Ramadhan. Umumnya, menu kolak terbuat dari potongan buah ketela rambat, ketela pohon, pisang, kacang hijau kemudian direbus dengan air gula dan santan kelapa bersama rempah-rempah lainnya.

Namun di tangan para juru masak profesional The Media Hotel & Towers, kolak yang diperkenalkan bernama “Kolak Ungu”, sebuah kreasi menu dessert unik nan eksotis yang diramu oleh para juru masak hotel yang berpengalaman.

Kolak Ungu mendapat perlakuan khusus dan dibuat lebih unik, segar, kaya cita rasa serta eksotis. Perlu cara khusus dan menerapkan metode yang berbeda demi menciptakan menu kolak yang luar biasa. Selama ini kolak dikenal luas sebagai menu penutup yang dimasak secara tradisional oleh para ibu di rumah, namun hotel yang terletak di Jalan Gunung Sahari ini sengaja menyuguhkan Kolak Ungu sebagai sebuah sajian yang akan memberikan pengalaman baru kepada para tamu mereka.

Di hotel yang baru saja melaksanakan program rebranding ini, Kolak Ungu menjadi suguhan ekskusif. Apa yang membuat kolak ini begitu istimewa terletak pada kuahnya. Umumnya, kuah kolak biasa berwarna krim sedangkan kuah Kolak Ungu berwarna ungu.

“Kami menggunakan ketela rambat jenis ungu dan memasaknya dengan berbagai buah tropis sehingga menghasilkan warna violet yang mengundang selera tiap mata untuk mencoba. Kami tidak menambahkan zat pewarna apa pun. Semuanya alami yang diperoleh dari ketela itu sendiri,” ungkap Executive Chef, Dendi Haryadi.

Selain ketela ungu, Dendi juga menambahkan ketela kuning dan beberapa buah organik lainnya seperti singkong, nata de coco, pisang dan kurma. “Kami hanya menggunakan bahan-bahan terbaik dari pasar lokal dan memastikan sumbernya, jalur distribusi, kualitas dan kebersihannya,” papar Dendi Haryadi.

Kolak Ungu memiliki rasa yang manis dan disarankan sebagai santapan pertama untuk berbuka puasa. Kolak ini sangatlah sehat dan baik bagi sistem pencernaan.

“Sebagaimana selalu dianjurkan oleh para ahli nutrisi bahwa berbuka puasa sebaiknya dengan menu yang manis, maka kami sarankan para tamu untuk mencoba Kolak Ungu kami yang eksotis ini,” ujar Herinova, Director of Food and Beverage The Media Hotel & Towers.

Nah, sepanjang bulan Ramadhan, Kolak Ungu tersedia sebagai salah satu menu Ta’jil di restoran The Breeze Café di lantai 6 The Media Hotel & Towers. Dengan harga hanya Rp 65.000 net per orang, pengunjung dapat menikmati menu Kolak Ungu dengan beberapa menu Ta’jil lainnya di restoran tipe all-day-dining itu. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com