Kompas.com - 20/08/2013, 09:06 WIB
Pagi di pantai Iboih. TAUFAN WIJAYAPagi di pantai Iboih.
EditorI Made Asdhiana
BANDA ACEH, KOMPAS.com -Wisatawan Nusantara mendominasi kunjungan ke Kota Sabang, Provinsi Aceh pada liburan Idul Fitri 1434 Hijriah. "Sejumlah obyek wisata Kota Sabang dipadati wisatawan dari berbagai provinsi, terutama Sumatera Utara yang memanfaatkan cuti bersama Lebaran," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, M Ali Taufik saat dihubungi dari Banda Aceh, Senin (19/8/2013).

Ali menjelaskan, rata-rata wisatawan Nusantara yang memanfaatkan libur dan cuti bersama saat Idul Fitri dan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Sabang mencapai 1.000 orang.

"Sampai saat ini, masih ada wisatawan nusantara dan domestik yang berlibur di Sabang. Mereka rata-rata ke Sabang dengan membawa anggota keluarganya," katanya.

Selain Sumatera Utara, sebagian wisatawan yang memanfaatkan masa cuti bersama hari raya dan berlibur ke Sabang itu juga dari Jakarta dan Jawa Barat.

"Mereka umumnya mengagumi keindahan panorama alam Sabang, terutama terumbu karang yang dihuni aneka ragam biota laut di kepulauan yang berbatasan dengan perairan internasional itu," kata Ali Taufik.

Sabang atau sekitar 14 mil laut dari pesisir pantai Kota Banda Aceh itu telah ditetapkan sebagai salah satu daerah distinasi wisata nasional di Indonesia.

DOK INDONESIA.TRAVEL Kota Sabang di Pulau Weh, Aceh.
Sementara sejumlah obyek wisata yang menjadi andalan dalam menggaet arus kunjungan wisatawan termasuk mancanegara antara lain, kawasan Pulau Rubiah, Iboih, Gapang, Sumur Tiga dan beberapa obyek wisata alam lainnya.

Ali menjelaskan, selain wisatawan nusantara juga wisatawan mancanegara terus bertambah mengunjungi Sabang setelah pemerintah menetapkan Sabang sebagai destinasi wisata nasional.

"Kami optimistis, sektor jasa pariwisata Sabang akan terus bangkit hingga masa-masa mendatang, dan Sabang dipastikan menjadi daya tarik wisatawan dunia," kata Ali.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.