Simeulue, Surganya Wisata Bahari

Kompas.com - 21/08/2013, 12:34 WIB
Peserta Aceh Surfing Competition Series-III menunjukkan kebolehannya menjajal ombak di lepas pantai Desa Mon Ikeun, Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (17/3/2013).  SERAMBI/M ANSHAR Peserta Aceh Surfing Competition Series-III menunjukkan kebolehannya menjajal ombak di lepas pantai Desa Mon Ikeun, Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (17/3/2013).
|
EditorI Made Asdhiana
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh bekerja sama dengan Aceh Extreme Sport Championship (AESC), menggelar kejuaraan selancar atau surfing internasional yang akan diikuti oleh sejumlah peserta yang berasal dari mancanegara dan nasional. Kegiatan ini dijadwalkan Kamis (22/8/2013) sampai Sabtu (24/8/2013).

Kejuaraan surfing internasional yang bertema Aceh Internasional Surfing Championship 2013 bertujuan untuk mempromosikan wisata bahari di Pulau Simeulue ke pintu gerbang wisata dunia, serta ingin menjadikan Simeulue sebagai ikon wisata bahari di Indonesia.

"Tujuannya kita ingin mempromosikan potensi wisata bahari di Simeulue, karena selama ini wisatawan asing kan banyak yang berkunjung ke Bali. Padahal di Pulau Simeulue surganya wisata bahari, jauh lebih indah dibandingkan lokasi lain yang ada di Indonesia," kata Denny, ketua panitia, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/8/2013) malam.

Denny menambahkan, Aceh Internasional Surfing Championship 2013 akan diikuti 37 peserta yang berasal dari mancanegara dan peserta nasional.

KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ Wisatawan dari Kanada hendak berselancar di pantai barat, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh, Jumat (13/4/2012). Selain berselancar, wisatawan ini juga dapat menikmati laut lepas Simeulue dengan menyelam.
Peserta dari luar negeri yaitu, Amerika, Australia, Austria, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Sedangkan peselancar nasional berasal dari Bali, NTB, Jawa Barat dan Aceh, serta dari Simeulue sebagai tuan rumah juga ikut satu orang.

Seluruh peserta yang akan mengikuti kejuaraan surfing tingkat internasional ini akan tiba di Pulau Simeulue hari ini, Rabu (21/8/2013). "Acara yang akan berlangsung selama tiga hari ini akan dibuka oleh Wakil Bupati Simeulue Hasrul Edyar, Kamis (22/8/2013)," kata Denny.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X