Kadispar DIY: Puncak Suroloyo Sangat Eksotis - Kompas.com

Kadispar DIY: Puncak Suroloyo Sangat Eksotis

Kompas.com - 30/08/2013, 12:22 WIB
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Ismanto bersama sejumlah seniman mengikuti ritual 'Ondo Gunung' dengan menyusuri puncak Gunung Suroloyo di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, Minggu (25/7/2010).
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tazbir Abdullah, mengatakan kawasan Puncak Suroloyo di Kabupaten Kulon Progo sangat eksotis pemandangannya.

"Saya optimistis kawasan Puncak Suroloyo akan banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi daya tarik wisata di kawasan itu sangat indah dan mengagumkan," kata Tazbir di Yogyakarta, Kamis (29/8/2013).

Eksotisme Puncak Suroloyo, menurut Tazbir, antara lain dari puncak Bukit Suroloyo yang berada di wilayah bagian utara Kulon Progo tersebut wisatawan bisa melihat langsung keindahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dia mengatakan untuk mendukung kenyamanan wisatawan naik ke puncak Bukit Suroloyo, Dinas Pariwisata DIY telah membangun anak tangga sepanjang 159 meter di sisi timur Puncak Suroloyo.

Sementara, sisi barat dengan tangga lama masih difungsikan. "Dengan dua tangga yang masih berfungsi itu, diharapkan wisatawan akan merasa lebih aman dan nyaman untuk menikmati Puncak Suroloyo," kata Tazbir.

Menurut Tazbir, pada 1 Suro, Puncak Suroloyo dikunjungi sekitar 6.000 orang. "Diharapkan, fasilitas tambahan berupa bangunan tangga untuk naik ke puncak tersebut akan membuat wisatawan merasa aman dan nyaman," katanya.

Ke depan, tambah Tazbir, kawasan wisata Puncak Suroloyo akan dilengkapi dengan joglo pandang, dan fasilitas wisata kuliner.


EditorI Made Asdhiana
SumberAntara

Close Ads X