Kompas.com - 03/09/2013, 11:10 WIB
Wisatawan menikmati sore di Pantai Kuta, Bali, Sabtu (22/6/2013). Keindahan wisata pantai di sejumlah kawasan di Bali seperti Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua dan Tanjung Benoa masih menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESWisatawan menikmati sore di Pantai Kuta, Bali, Sabtu (22/6/2013). Keindahan wisata pantai di sejumlah kawasan di Bali seperti Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua dan Tanjung Benoa masih menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com — Kegiatan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) menjadi pendorong utama pertumbuhan pariwisata tahun 2013. Berbagai kegiatan konvensi internasional banyak mendatangkan wisatawan mancanegara. Salah satunya konvensi internasional terbesar tahun ini adalah KTT APEC yang akan digelar di Nusa Dua, Bali, pada Oktober 2013.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, tahun 2013 merupakan Year of MICE. "Ada banyak kegiatan MICE yang diharapkan akan sangat mendorong masuknya sejumlah pengunjung ke Indonesia," ucap Mari pada jumpa pers di Jakarta, Senin (2/9/2013). Untuk APEC saja diperkirakan bisa mendatangkan 5.000-7.000 delegasi.

Dalam menunjang pelaksanaan APEC, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempunyai kegiatan utama yang terkait dengan substansi APEC, yaitu konferensi High Level Dialogue on Travel Facilitation, pergelaran seni budaya saat gala dinner, peluncuran Sustainable Development, dan dilanjutkan dengan konferensi tingkat tinggi internasional pada 5-6 Oktober 2013.

Selain APEC, berbagai kegiatan MICE akan banyak diselenggarakan pada kuartal terakhir tahun ini, di antaranya Miss World dan World Cultural Forum.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X