Kompas.com - 22/09/2013, 08:07 WIB
Seporsi sate ayam yang lezat dengan tambahan lontong yang lembut dapat Anda nikmati di Warung Soto Ayam & Sate Ayam Ap-Jay, Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan. KOMPAS.COM/TRI WAHYUNISeporsi sate ayam yang lezat dengan tambahan lontong yang lembut dapat Anda nikmati di Warung Soto Ayam & Sate Ayam Ap-Jay, Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan.
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Mencari makanan lezat di Jakarta bukanlah perkara sulit. Bahkan di pinggir jalan pun Anda bisa menemukan cita rasa lezat yang memanjakan lidah Anda. Salah satunya, bisa Anda temukan di Soto Ayam & Sate Ayam Ap-Jay.

Warung Soto Ayam & Sate Ayam Ap-Jay sudah berdiri sejak 20 tahun lalu. Nama Ap-Jay berasal dari singkatan Apotek Jaya. Hal ini disebabkan warung ini tepat di pelataran Apotek Jaya. Letaknya ada di perempatan Jalan Panglima Polim 4 dan Panglima Polim 9.

Saat saya menyambangi warung ini, tak henti pelanggan datang silih berganti. Warung pun tidak pernah sepi. Ada yang bersantap dengan teman-temannya di bangku yang disediakan, tidak sedikit juga yang makan di mobilnya.

Menu spesial warung ini adalah sate ayam. Mungkin sebagian orang berpikir sate ayam bukanlah makanan istimewa, tapi pedagang di sini bisa menyulapnya menjadi begitu lezat.

Seporsi hidangan sate ayam berisi 10 tusuk sate. Anda bisa memilih lontong atau nasi sebagai pendampingnya. Kali ini saya memilih lontong. Sekilas dari penampilannya memang tidak ada yang berbeda, tapi dengan satu gigitan saja Anda pasti menemukan keistimewaan sate ayam ini.

Rasa ayam yang dibakar dengan baik dan tidak gosong dibaluri dengan saus kacang yang lembut dan lezat. Tambahan kecap dan taburan bawang goreng pun membuat rasanya semakin sempurna. Gurih, manis, lembut, ya, lezat sekali! Belum lagi potongan sate ayamnya yang besar-besar. Sensasi gurih dan kenyal dari kulit ayam juga menambah semarak sate ayam Ap-Jay ini.

Tidak berhenti pada sate, ternyata lontongnya pun istimewa. Biasanya pedagang sate menggunakan lontong-lontong yang agak keras dan kecil-kecil. Di sini, lontongnya begitu lembut dengan ukuran yang cukup besar. Walaupun bulir-bulir nasi masih nampak, tidak ada tesktur nasi yang masih utuh yang terasa pada lontong ini. Benar-benar lembut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akbar, salah satu penjaga kios mengatakan bahwa resep yang digunakan Warung Ap-Jay ini memang berbeda dari yang lain. Inilah yang menyebabkan sate ayam Ap-Jay begitu istimewa dan selalu habis sekitar 5.000 tusuk per harinya.

Selain sate ayam, warung ini juga terkenal dengan sate telur muda. Sayangnya, sate telur muda sudah habis ketika saya datang ke warung ini. Satu tusuk sate telur muda dibuat dari telur ayam muda yang dicampur dengan kulit atau jeroan ayam. “Siang habis sudah, soalnya penuh kalau siang,” kata Akbar.

Ada juga soto ayam dan soto ceker. Soto ceker juga selalu jadi primadona dan cepat habis, sama seperti sate telur muda. Rasa soto di sini dominan segar karena menggunakan perasan jeruk nipis.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.