Kompas.com - 30/12/2013, 15:32 WIB
Pramuniaga menyuguhkan kue cronut di Otel Lobby Kitchen and Bar, Epicentrum Kuningan, Jakarta, Sabtu (28/12/2013). Kue itu diminati banyak orang karena sensasi gurih dan renyah saat menggigitnya. KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDIPramuniaga menyuguhkan kue cronut di Otel Lobby Kitchen and Bar, Epicentrum Kuningan, Jakarta, Sabtu (28/12/2013). Kue itu diminati banyak orang karena sensasi gurih dan renyah saat menggigitnya.
EditorI Made Asdhiana
BENTUKNYA tak spektakuler, hanya bulat dengan lubang di tengahnya. Begitu digigit, baru terasa ini bukan donat biasa. Ini adalah cronut, perpaduan croissant dan donat. Meskipun pendatang baru, godaan kue renyah manis nan lembut itu terbukti telah menggaet banyak penggemar di seluruh dunia.

Cronut adalah hasil kreasi Chef Domonique Ansel asal New York, Amerika Serikat. Tidak mudah menggabungkan adonan donat nan lembut dengan croissant yang berlapis-lapis dan renyah. Chef Ansel sendiri menurut ceritanya butuh waktu dua bulan dengan berganti-ganti 10 resep untuk bisa mendapatkan adonan yang pas.

Namun, kerja keras itu membuahkan hasil. Ansel telah membuat sejarah baru dalam dunia makanan. Ia pun mematenkan nama cronut sebagai merek dagangan di toko miliknya, Dominique Ansel Bakery, di New York.

Toko-toko kue lainnya, baik di AS maupun di negara lain, termasuk Indonesia, yang tersengat tren cronut Ansel mencoba menghadirkan kue sejenis di gerainya dengan nama-nama yang berbeda. Di Indonesia, khususnya di Jakarta, kue inibaru dikenalkan Mei 2013 lalu.

Toko kue di Jakarta yang mengusung hasil kreasi Ansel ini antara lain Union di Street Gallery Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan. Union menyebut kreasi kuenya dengan nama flaky doughnut atau donat renyah. Cronut boston cream adalah kue khas Union yang menawarkan cita rasa cokelat bertemu dengan manisnya krim vanila diiringi kentalnya aroma mentega. Penikmatnya seakan melayang menikmati cita rasa Perancis dan Amerika.

Untuk menikmati donat renyah di Union, hanya bisa dilakukan di atas jam 13.00. Sebab, menurut petugasnya, mereka butuh waktu cukup lama untuk memasaknya.

Adapun di Cake Shop Mandarin Oriental Hotel, menu cronut vanila dan cronut christmas hanya bisa dinikmati pukul 14.00-18.00.

Disebut-sebut, cronut vanila di Mandarin Oriental adalah varian cronut yang pertama ada di Jakarta. Sementara cronut christmas hadir khusus menyambut Natal dan Tahun Baru.

Perburuan berlanjut ke Otel Lobby Kitchen and Bar di Epicentrum Kuningan di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. Di sini, kue ini disebut cronuts dan tersedia tiga variasi, yaitu coffee caramel, chocolate vanilla, danlemon.

Cronuts lemon tampil paling biasa. Topping-nya ”hanya” sedikit taburan gula halus. Namun, begitu digigit, krim rasa lemon lumer di lidah. Bisa jadi inilah cronut paling sedap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X