Turis China Datang ke Indonesia Saat Imlek

Kompas.com - 21/01/2014, 18:07 WIB
Turis China di Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Diana TriTuris China di Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan China yang berlibur ke Indonesia umumnya memilih datang saat musim liburan panjang seperti hari raya Imlek. Tahun ini, Imlek akan berlangsung pada akhir Januari 2014.

Hal tersebut diungkapkan Kasubdit Analisa Pasar Internasional, Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Kemenparekraf, Budihardjanti, seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (20/1/2014).

“Setiap liburan hari raya Imlek jumlah kunjungan wisman ke Indonesia naik signifikan terutama dari RRT, Hongkong, Taiwan, Singapura dan Malaysia,” kata Budihardjanti.
 
Ia menambahkan wisatawan China rata-rata memiliki lama tinggal sekitar  4-5 hari dengan pengeluaran sekitar 100-110 dollar Amerika Serikat per hari.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Warga keturunan Tionghoa membakar dupa untuk berdoa menyambut tahun baru Imlek 2564 di Vihara Dharma Bhakti atau Kim Tek Ji, Petak Sembilan, Jakarta Barat, Sabtu (9/2/2013). Ritual doa ini untuk melepas Tahun Naga dan menyambut datangnya Tahun Ular Air.
“Kita berharap kunjungan wisman China tahun ini selain jumlahnya meningkat, juga lama tinggalnya meningkat sehingga devisa yang kita peroleh akan meningkat,” kata Budihardjanti.

Wisman China yang berkunjung ke Indonesia sebagian besar memilih Bali sebagai tempat favorit berlibur mereka. Masyarakat China menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi terfavorit dari 10 tujuan wisata dunia terfavorit selain Australia, Cape Town, Edinburgh, Hawaii, Madrid, Mesir, Air Terjun Niagara, Paris, dan Swiss.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X