Kompas.com - 25/04/2014, 15:55 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Awal April 2014 TripAdvisor mengadakan survei mengenai kecenderungan para pelancong muda saat berwisata. Hal tersebut dipaparkan oleh Partnership Excecutive TripAdvisor, Prasti Nidya Putri, pada seminar Web in Travel (WIT) di Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Survei melibatkan 566 responden berusia 18 hingga 35 tahun di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Dari survei diketahui sebanyak 61 persen pelancong usia muda berjenis kelamin perempuan, sisanya 39 persen laki-laki. "Hal ini dipengaruhi faktor kebiasaan perempuan yang cenderung mengajak rekan-rekannya saat melancong. Sementara laki-laki pergi sendirian pun tidak masalah," jelas Prasti.

Sementara untuk jenis destinasi wisata favorit para pelancong usia muda adalah pantai sebesar 23 persen, alam sebesar 19 persen, dan kota sebesar 14 persen. "Namun ada juga kecenderungan ke mana pun mereka pergi, tidak mau jauh dari kota. Meskipun mereka melancong ke alam, mereka ingin mendapatkan kenyamanan seperti yang mereka dapatkan di kota," kata Prasti.

Selain itu, 53 persen pelancong muda memilih tinggal di hotel dan 21 persen memanfaatkan rumah teman atau keluarga saat berwisata. Untuk rekan perjalanan, sebanyak 42 persen berwisata dengan pasangannya, 24 persen dengan keluarga, dan 21 persen dengan teman-teman.

TRIBUNJOGJA.COM/AGUNG ISMIYANTO Sejumlah wisatawan tampak asyik melakukan rafting dengan perahu karet di Sungai Elo, Rabu (1/1/2014) siang. Kunjungan wisatawan di sejumlah obyek wisata di Kabupaten Magelang mengalami peningkatan cukup drastis saat liburan natal dan tahun baru kali ini.
Gaya berwisata kaum muda dalam memilih destinasi wisata ternyata begitu dipengaruhi oleh rekomendasi yang berasal dari social platform. "Anak muda sangat peduli dengan rekomendasi yang datang dari orang di sekitarnya, baik secara personal maupun melalui media sosial," kata Prasti.

Prasti mencontohkan Pulau Derawan. Dulu hanya sedikit orang yang tahu tentang Derawan. Tapi begitu ada orang yang datang ke sana dan mengunggah foto-fotonya di media sosial, orang-orang jadi lebih mengenal Derawan. "Banyak anak muda yang terbiasa mengunggah pengalaman berwisatanya ke sosial media sehingga secara tidak langsung informasi tersebut menjadi rekomendasi bagi teman-temannya," tambah Prasti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.