Saatnya "Island Hopping" di Kepulauan Seribu

Kompas.com - 30/07/2014, 12:06 WIB
Seorang wisatawan menikmati terumbu karang dengan 'snorkeling' atau selam dangkal yang terdapat di kawasan perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (26/6/2011). Pulau Pari merupakan bagian dari 12 pulau dari kelurahan Pari yang berpenghuni 789 jiwa dengan mata pencarian 90 persen sebagai nelayan. Pulau tersebut juga menawarkan potensi keindahan alam bahari seperti pantai pasir putih dan terumbu karang. KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHISeorang wisatawan menikmati terumbu karang dengan 'snorkeling' atau selam dangkal yang terdapat di kawasan perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (26/6/2011). Pulau Pari merupakan bagian dari 12 pulau dari kelurahan Pari yang berpenghuni 789 jiwa dengan mata pencarian 90 persen sebagai nelayan. Pulau tersebut juga menawarkan potensi keindahan alam bahari seperti pantai pasir putih dan terumbu karang.
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Rindu bertemu pantai dan aroma laut bisa segera dituntaskan, walaupun Anda berada di Jakarta sekalipun. Lakukan perjalanan ke utara, mulai tualangan Anda dari Muara Angke atau Marina Ancol.

Lalu naik kapal cepat ke pulau tujuan Anda. Ada banyak pulau yang bisa dikunjungi di Kepulauan Seribu. Sebagian besar memang sudah biasa dikunjungi wisatawan. Beberapa pulau juga telah memiliki penginapan sederhana yang bisa Anda sewa. Pun beberapa resor juga ada.

Paling mudah bisa beli paket wisata. Lakukan dengan rombongan sehingga bisa menyewa kapal sendiri. Lalu lakukan island hopping atau menjelajahi pulau-pulau. Tentu saja hal ini lebih puas. Jangan lupa peralatan snorkeling dan berenanglah di laut.

Pilihan pulau yang paling favorit tentu saja Pulau Pramuka. Ada banyak pantai berpasir putih di pulau ini. Anda bisa kunjungi di sisi timur yang cenderung lebih sepi. Sementara sisi dekat pelabuhan tergolong ramai. Di pulau ini, panorama matahari terbit dan terbenam bisa dilihat.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Sisa reruntuhan Benteng Martello akibat gelombang tidal letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883, merupakan salah satu situs sejarah di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu.
Kunjungi tempat penangkaran hiu dan penyu sisik. Pengunjung bisa melihat hiu maupun penyu sisik yang sudah mulai terancam punah, dari jarak dekat. Jangan lupa pula untuk snorkeling di Pulau Pramuka.

Pulau-pulau resor ada di Pulau Ayer, Pulau Putri, Pulau Sepa, Pulau Bidadari, dan Pulau Macan. Di pulau-pulau ini terdapat resor mewah. Tamu yang menginap serasa berada di pulau pribadi. Biasanya bentuk resor berupa cottage. Pihak resor juga menyediakan aneka permainan watersport seperti jet ski dan banana boat.

Di Pulau Putri misalnya, pengunjung bisa diving karena terumbu karang di kawasan ini relatif masih terjaga baik. Atau, bisa juga naik glass bottom boat. Pilihan lain resor di Pulau Ayer terdapat kamar cottage yang seakan mengapung di laut.

Wisata sejarah bisa dilakukan di kawasan pulau-pulau bersejarah dari masa kolonial Belanda. Sebut saja paling tenar adalah Pulau Onrust yang penuh situs arkeologi. Dulunya Pulau Onrust merupakan galangan kapal dan kemudian menjadi benteng. Di Pulau Kelor, pengunjung masih bisa melihat sebuah benteng tua. Tambahkan pulau Pulau Cipir yang juga sarat akan sejarah.

Penginapan sederhana dan liburan murah meriah, bisa diperoleh di sebagian besar pulau di Kepulauan Seribu, terutama pulau-pulau yang memang padat penduduk. Sebut saja seperti Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Cottage terapung di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta.
Di pulau-pulau ini, sewa penginapan begitu murah mulai dari Rp 30.000 per orang per malam. Jangan lupa sewa sepeda untuk berkeliling pulau. Juga, snorkeling di perairan sekitar pulau-pulau tersebut. Lalu, mampir pula ke pulau-pulau sekitar untuk snorkeling seperti Pulau Bira, Pulau Kelapa, dan pulau lainnya.

Pulau Tidung terkenal dengan ikon jembatan cinta. Sementara Pulau Untung Jawa terkenal dengan pantai mangrove dan olahan kripik sebagai oleh-oleh. Pilihan lain adalah Pulau Pari dan Pulau Harapan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X