Kompas.com - 06/08/2014, 13:23 WIB
Tanah Hijau Diapit Langit dan Laut Biru. KOMPAS/YUNAS SANTHANI AZISTanah Hijau Diapit Langit dan Laut Biru.
EditorI Made Asdhiana
JAYAPURA, KOMPAS.com - Festival Teluk Humboldt (FTH) yang digelar tiap awal Agustus oleh Pemerintah Kota Jayapura di bibir pantai wisata Hamadi, merupakan salah satu agenda pariwisata unggulan Papua sehingga perlu dipublikasikan lebih luas.

"Festival Teluk Humboldt sudah menjadi agenda wisata nasional dan menjadi salah satu pariwisata unggulan yang unik," kata Asisten II Setda Papua Ellia Loupatty, ketika membacakan sambutan tertulis Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, pada pembukaan festival tersebut, di Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Selasa (5/8/2014).

Pada sambutan itu, Gubernur Lukas menekankan bahwa selain harus dipublikasi secara luas, juga perlu dikemas secara cermat sehingga bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Jayapura.

"Festival ini unik dan sangat bagus. Ada pergelaran tari tadisional, suling tambur, lomba masak menu tradisional, lomba anyam rambut dan hias pinang. Lalu ada wisata peninggalan PD II, panorama pantai Hamadi dan pantai lainnya di Teluk Humboldt," ujarnya.

Mantan Bupati Lanny Jaya itu juga menekankan bahwa jika semua aspek dalam acara tahunan itu dikemas secara baik, melibatkan semua pemangku kepentingan mulai dari pengurus hotel dan restauran, biro perjalanan dan pengusaha terkait, maka festival itu akan menarik banyak turis lokal dan asing.

Tempat pelaksanaan FTH di bibir wisata pantai Hamadi yang merupakan penghubung jalan melingkar antar kabupaten dan jalan tembus ke perbatasan RI-PNG itu, juga merupakan daya tarik tersendiri.

"Ini tentunya perlu koordinasi yang baik, agar semua pihak tetap menjaga keseimbangan alam tempat pelaksanaan agar tetap menjadi primadona tujuan wisata," ujar Ellia mengutip penegasan Gubernur Papua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, diimbau kepada masyarakat adat Port Numbay, nama lain Kota Jayapura, untuk menjaga semua obyek wisata yang ada, mengingat wisata alam merupakan salah satu penghasil PAD yang tidak akan pernah habis tetapi akan meningkat terus tiap tahun jika dibenahi dan ditingkatkan.

"Saya mengimbau kepada semua pemangku kepentingan untuk menjaga kelestarian wisata alam yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan daerah lainnya," katanya.

Sementara itu Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano mengatakan FTH tahun ini mengusung tema "Love Culture and Green" di mana kegiatan itu merupakan pesta rakyat Port Numbay yang digelar tiap awal Agustus.

"Festival Teluk Humboldt merupakan bagian upaya mendukung program Gubernur Lukas Enembe untuk menjadikan Papua sebagai salah satu tujuan wisata di timur Indonesia," katanya.

Mengenai masukan agar pelaksanaan FTH disinkronkan dan dikoordinasikan dengan pelaksanaan festival lainnya di Papua, Benhur menyatakan kalau hal itu tetap akan dilakukan.

"Ke depan memang kita di Ibu Kota Provinsi Papua akan membuat satu kalender yang terkoneksi dengan semua agenda festival di daerah-daerah, agar bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan lokal dan mancanegara, supaya kalau sekali mereka datang tidak bolak balik, ini juga penting," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.