Kompas.com - 14/08/2014, 13:10 WIB
EditorI Made Asdhiana
MAGELANG, KOMPAS.com - Puncak kunjungan wisatawan ke obyek wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah selama masa libur Lebaran 2014 terjadi pada H+3 (31/7/2014) mencapai 57.456 orang.

Kabid Humas dan Protokol PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPR), Martana Eka Rahmadi di Magelang, Rabu (13/8/2014) mengatakan, puncak kunjungan tersebut merupakan rekor selama dikelola oleh TWCBPR sejak 1989.

"Jumlah pengunjung pada hari tersebut paling banyak sehingga merupakan rekor. Pada Lebaran 2013 puncak pengunjung juga terjadi pada H+3 Lebaran dengan jumlah wisatawan hanya 50.512 orang," katanya.

Menurut Martana, selama libur Lebaran pada H-2 hingga H+13 (26 Juni-10 Agustus 2014) pengunjung Candi Borobudur mencapai 327.047 orang, terdiri atas 310.453 wisatawan nusantara dan 16.594 wisatawan mancanegara.

Puncak kunjungan juga terjadi pada H+3 di Candi Prambanan dan Ratu Boko dengan jumlah wisatawan 27.659 orang dan 2.694 orang.

Pelaksana Tugas Kepala Pemasaran PT TWCBPR, Emilia Untara, mengatakan, puncak kunjungan wisatawan terjadi pada H+3 setelah masyarakat selesai bersilaturahmi pada hari H hingga H+2 lebaran. Membeludaknya pengunjung pada libur lebaran tidak lepas dari promosi yang dilakukan tim pemasaran TWCBPR.

Kristianto Purnomo-Fikria Hidayat Lanskap Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, difoto dari udara, Sabtu (28/6/2014). Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.
"Seminggu sebelum masa libur lebaran, kami telah melakukan promosi di Jakarta, antara lain melalui lokasi pemberangkatan mudik bareng dengan menyebar 15.000 brosur promosi," katanya.

Selain itu, lanjut Emilia, pihaknya melakukan kerja sama dengan instansi yang mengeluarkan peta mudik untuk mencantumkan obyek wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

"Sebelumnya kami juga melakukan promosi di dalam negeri dan luar negeri. Banyaknya pengunjung ini kemungkinan bisa saja dampak dari promosi tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.