Inilah Delapan Pantai Terindah di Sumbar

Kompas.com - 15/08/2014, 11:27 WIB
Pantai Pariaman di Sumatera Barat. BARRY KUSUMAPantai Pariaman di Sumatera Barat.
EditorI Made Asdhiana
PROVINSI Sumatera Barat sudah tidak diragukan lagi akan kekayaan budayanya yang begitu kental, keindahan pegunungan dan lembah yang memukau. Banyak yang belum tahu kalau Sumatera Barat mempunyai banyak pantai yang belum terjamah dan belum banyak wisatawan tahu. Bahkan, masyarakat Sumatera Barat yang banyak saya jumpai ternyata juga belum pernah ke sebagian besar pantai-pantai indah ini. Apa saja pantai yang menarik dan indah untuk dikunjungi di Sumatera Barat. Berikut nama-nama pantai tersebut.

1. Pantai Pariaman

Terletak tidak jauh dari Kota Pariaman. Pantai ini memiliki pasir putih dan landai, serta ombak tidak terlalu besar sehingga cocok untuk berenang dan bermain. Sepanjang pantai ditumbuhi pohon cemara sehingga terkesan sejuk dan asri.

Pantai ini dikenal dan selalu ramai terutama pada waktu perayaan rakyat tabuik dan libur nasional. Tetapi yang menjadi favorit saya mengunjungi pantai ini ketika matahari terbenam (sunset), di mana warna dan awannya begitu memukau siapa saja yang datang ke sini.

BARRY KUSUMA Pantai Painan di Sumatera Barat.
2. Pantai Painan

Salah satu pantai yang terletak di ujung Sumatera Barat, yaitu Pantai Carocok merupakan pantai yang terdapat di Painan. Untuk menikmati pantai ini pengunjung harus membeli tiket masuk. Di pantai ini pengunjung bisa bersantai dan berjalan ke tengah melalui jembatan dermaga. Pengunjung bisa puas bisa dapat banyak angle foto yang bagus disini.

3. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis yang merupakan tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal dan asing karena memiliki gelombang yang rendah dan pemandangan indah Gunung Padang. Ada juga sebuah pulau kecil bernama Pisang Kecil.

BARRY KUSUMA Pantai Air Manis di Sumatera Barat.
Dari pagi hingga sore, Anda bisa berjalan kaki ke pulau yang memiliki luas satu hektar ini melalui air dangkal. Di sore hari, air pasang mulai naik dan Anda harus menggunakan perahu untuk kembali. Di sebelah kanannya, ada pulau lain yang disebut Pisang Besar. Penduduk lokal di pulau ini sebagian besar petani dan nelayan.

4. Pantai Pasumpahan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X