Kompas.com - 01/10/2014, 17:19 WIB
EditorI Made Asdhiana
BANDUNG, KOMPAS.com - Banyaknya penerbangan langsung menuju Bandung, Jawa Barat dan mudahnya mengakses informasi, membuat kota ini lebih terkenal. Bahkan, di beberapa ajang pameran travel di Asia, pengunjung kerap bertanya tentang Bandung, setelah Bali.

“Kalau dulu, bicara Indonesia, wisatawan pasti bertanya soal Bali. Tapi sekarang, ada tiga kota lain yang selalu ditanyakan, yakni Bandung, Medan, dan Jakarta,” ujar Executive Director Sofyan Hospitality, Ruhadi Widiargo di Bandung, Selasa (30/9/2014) malam.

Ruhadi mengatakan, saat mengikuti pameran di sejumlah negara Asia, dirinya pernah menghitung pertanyaan yang disampaikan para wisatawan mancanegara. Dia cukup terkesima ketika Bandung, menjadi kota kedua yang banyak ditanyakan turis asing.

Begitu ditanyakan alasan mereka ingin ke Bandung, jawabannya beragam. Ada yang menjawab alamnya, budayanya, kuliner, keramahan atau hanya sekadar ingin belanja. Seperti turis Malaysia. Mereka datang ke Bandung untuk berbelanja.

“Biasanya mereka menghabiskan waktu dua hari di Bandung. Tiba ke Bandung pagi, langsung belanja seharian. Besoknya belanja yang kurang atau sekadar menikmati kuliner Bandung. Makanya Pasar Baru penuh oleh wisatawan Malaysia,” ucap Ruhadi.

Apalagi setelah beberapa maskapai membuka penerbangan langsung ke Bandung. Untuk keperluan belanja, orang Malaysia mengesampingkan Jakarta. Mereka pasti memilih Bandung, karena tempatnya lebih sejuk dan tidak semacet Jakarta.

Seperti diberitakan Kompas sebelumnya, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mengalami peningkatan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada November 2013 jumlah kunjungan wisman mencapai 807.400 atau naik sekitar 12,16 persen dibanding Oktober sebanyak 719.900 orang. Angka ini adalah rekor baru jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pintu masuk wisatawan asing juga mulai menyebar, tidak terpusat di Bandara Ngurah Rai, Bali, dan Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Bandara Husein Sastranegara, Bandung, menjadi bandara baru bagi wisatawan asing yang masuk ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.