Kompas.com - 30/10/2014, 18:08 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, Gili Trawangan menawarkan nilai terbaik untuk liburan ke pulau, bagi wisatawan Indonesia. Hal ini berdasarkan laporan perbandingan harga yang dirilis oleh TripAdvisor, situs perjalanan terbesar di dunia.

Hasilnya diambil dari laporan tahunan kedua TripIndexIsland Sun yang membandingkan biaya sehari berwisata dan menginap untuk dua orang di 16 daerah tujuan wisata pulau populer di Asia Tenggara. Penelitian ini menghitung biaya total dua orang untuk menikmati menginap semalam di hotel bintang 4, makan two-course (hidangan utama dan buah) dengan air kelapa, bir, layanan pijat, serta penyewaan sepeda dan kayak.

Pulau yang paling terjangkau untuk wisata sehari dan menginap semalam untuk wisatawan Indonesia adalah Gili Trawangan dengan biaya total TripIndex sebesar Rp 2.677.194. Sementara itu, wisata ke Pulau Sentosa di Singapura akan memakan biaya tiga kali lipat sebesar Rp 9.499.234.

“TripIndex Island Sun memberikan gambaran kepada wisatawan mengenai biaya yang harus mereka keluarkan saat mereka membuat rencana untuk liburan akhir tahun yang akan datang. Hasil laporan tahun ini menunjukkan bahwa walaupun sangat populer, Indonesia dan Thailand tetap jadi tempat liburan yang paling terjangkau di Asia Tenggara dengan Gili Trawangan, Bali dan Koh Samui berada di daftar paling atas,” kata Jean Ow-Yeong, spokesperson TripAdvisor, seperti dikutip dari siaran pers.

Berdasarkan data TripIndexIsland Sun, selain Gili Trawangan, ada pula Pulau Bali, Pulau Koh Samui (Thailand), Pulau Lombok, Pulau Cebu (Filipina), dan Pulau Phuket (Thailand), yang termasuk terjangkau yaitu di kisaran total harga di bawah Rp 4 juta.

TripIndexIsland Sun 2014 menganalisa 16 tujuan wisata pulau-pulau utama di Asia Tenggara, Daftar pulau-pulau tersebut dikumpulkan dengan menggunakan data dari TripAdvisor tentang pulau yang paling sering dicari di wilayah tersebut setahun terakhit dan dari pakar setempat.

TripIndex mengumpulkan biaya dari item-item berikut di tiap tujuan wisata untuk merepresentasikan biaya wisata satu hari untuk dua orang. Biaya tersebut termasuk akomodasi satu malam untuk dua orang di hotel bintang empat, makan malam untuk dua orang (makan dua hidangan dan air kelapa), bir untuk dua orang, sewa sepeda untuk dua orang selama 8 jam atau satu hari penuh, pijat satu jam untuk dua orang di spa hotel bintang 4, sewa sewa kayak selama 1 jam (atau sama dengan naik banana boat).

Untuk Gili Trawangan, biaya hotel bintang empat rata-rata untuk satu malam adalah Rp 1.526.528. Bandingkan dengan Pulau Sentosa (Singapura) yaitu sebesar Rp 4.080.236. Di Gili Trawangan, rata-rata makan untuk dua orang termasuk dua hidangan dan air kelapa di restoran menengah sebesar Rp 325.667.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.