Ingin Tidur Nyenyak di Pesawat? Ini Triknya!

Kompas.com - 09/11/2014, 16:09 WIB
Tidur di pesawat. ShutterstockTidur di pesawat.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
TAK semua orang bisa tertidur dengan mudahnya di segala kondisi, termasuk ketika terbang di dalam pesawat. Namun, siapa yang tak mau terlihat segar dan cerah saat turun dari pesawat seusai penerbangan panjang? Tidur selama waktu penerbangan adalah jawabannya. Tetapi, bagaimana jika Anda termasuk orang yang sangat susah tidur di dalam pesawat?

Jangan khawatir, karena beberapa trik di bawah ini akan bisa membantu Anda untuk lebih mudah tertidur selama penerbangan Anda. Trik ini akan sangat jitu untuk dipraktikkan bagi Anda yang akan segera terbang dalam waktu yang cukup lama.

1. Pilih window seat

Kadang kala, Anda sudah merasakan akan segera terlelap, tetapi kemudian kereta makanan menyentuh pergelangan tangan Anda, atau ada penumpang di sebelah Anda yang tidak sengaja bergerak dan membangunkan Anda. Kesal sekali rasanya. Karena itu, pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela ketimbang tempat duduk yang berada di sisi lorong pesawat. Anda juga bisa bersandar di badan pesawat, jadi kemungkinan Anda bersentuhan dengan penumpang di sebelah Anda akan lebih kecil.

2. Pakai baju longgar

Gaya sih boleh saja, tetapi percayalah, pakaian serba ketat dan sempit tidak akan membuat Anda nyaman dan tertidur dengan baik di pesawat. Jangan kenakan baju yang terlalu ketat yang bisa menghambat sirkulasi darah Anda. Lebih baik persiapkan pakaian nyaman. Kalau dingin menyerang, mungkin Anda bisa menambahkan busana berlapis. Kalau Anda terbang belasan jam, setelah take off pastikan Anda berganti pakaian yang lebih nyaman dan kembali berganti pakaian sebelum landing.

3. Gunakan headphones

Mungkin ini salah satu benda yang bisa dijamin membuat Anda tertidur lebih nyaman selama perjalanan. Dengan musik kesukaan Anda mengalun di telinga, mungkin Anda akan lebih cepat tertidur. Headphones juga bisa menjadi senjata ampuh untuk menghindarkan Anda dari suasana kabin pesawat yang ricuh.

4. Jangan bawa tas besar

Di setiap penerbangan, biasanya maskapai akan memperbolehkan setiap orang membawa satu tas tentengan yang bisa dibawa ke dalam kabin pesawat. Disarankan, Anda membawa tas yang tidak terlalu besar dan masukkan semua keperluan Anda dan letakkan di tempat penyimpanan tas di atas kepala Anda. Hindari menyimpan tas bawah kursi di depan Anda karena akan membatasi ruang gerak kaki Anda selama perjalanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X