Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Pendakian ke Everest Diturunkan

Kompas.com - 09/01/2015, 16:08 WIB
KOMPAS.com — Ongkos pendakian ke gunung tertinggi di dunia, Everest, dari Nepal, diturunkan lebih dari 50 persen mulai 1 Januari 2015. Pemerintah Nepal menetapkan biaya royalti untuk mendaki Everest bagi warga asing sebesar 11.000 dollar AS atau sekitar Rp 137 juta. Ongkos resmi tersebut berlaku untuk periode pendakian musim semi.

Biaya ini jauh lebih rendah dibanding biaya sebelumnya, 25.000 dollar AS. Biaya pendakian selama musim gugur juga diturunkan dari 12.500 dollar AS menjadi 5.500 dollar AS per orang. Adapun biaya pendakian selama musim dingin dan musim panas diturunkan dari 6.500 dollar AS menjadi 2.750 dollar AS.

Perubahan harga bagi pendaki warga Nepal sudah diberlakukan sejak Februari tahun 2014, seperti dilaporkan wartawan BBC di Nepal, Mahesh Acharya. Mereka hanya diharuskan membayar 15 persen lebih kecil dibanding biaya yang dikenakan kepada pendaki asing.

Pemerintah berharap, pengurangan biaya pendakian dimaksudkan untuk menarik lebih banyak pendaki pada tahun-tahun mendatang. Namun, beberapa pendaki menyampaikan kekhawatiran bahwa puncak Everest sudah terlalu padat dengan pendaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com