Kompas.com - 31/01/2015, 09:28 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan sebanyak 250.000 sumber daya manusia bidang pariwisata sudah tersertifikasi hingga tahun 2019. "Kami targetkan hingga tahun 2019 sebanyak 250 ribu pekerja pariwisata sudah tersertifikasi sehingga per tahunnya bisa 25 ribu orang yang disertifikasi," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Denpasar, Bali, Jumat (30/1/2015).

Menurut dia, sertifikasi tersebut sebagai salah satu syarat memenuhi kompetensi pekerja di bidang pariwisata terlebih dalam pemberlakuan pasar bebas ASEAN 2015.

Arief menilai pekerja pariwisata merupakan SDM yang paling siap di dalam memasuki pasar tunggal dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Sementara itu terkait biaya sertifikasi, Arief menjelaskan bahwa Kemenpar akan membantu pembiayaan sebesar 20 persen.

Di Bali sejumlah pelaku pariwisata sebelumnya sempat mengeluhkan mahalnya biaya sertifikasi bagi para pekerja di sektor jasa itu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati ditemui beberapa waktu lalu mengatakan bahwa hingga tahun 2013, baru sekitar 9.000 orang pekerja pariwisata di bidang hotel dan restoran yang tersertifikasi dari total 300.000 SDM di bidang itu.

Sedangkan biaya sertifikasi bervariasi yakni berkisar Rp 75.000 hingga Rp 700.000 yang dihitung per item. Semakin tinggi jabatan seorang pekerja pariwisata, maka item sertifikasi semakin mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.