Kompas.com - 11/03/2015, 19:01 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menganggarkan Rp 5 milyar untuk Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai dana promosi pariwisata. "Daripada menunggu biaya promosi. Ditambah jadi 10 milyar dari pusat," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat press conference mengenai "Tambora Menyapa Dunia", di Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Sebelumnya, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Amin menyebutkan dana promosi pariwisata NTB sebesar Rp 5 milyar dan mengharapkan bantuan dana dari pemerintah pusat. Menurut Arief, target kunjungan wisatawan di NTB pun dinaikkan menjadi sebesar 2 juta wisatawan.

"Satu juta wisman (wisatawan mancanegara) dan satu juta wisnus (wisatawan nusantara). Wisnus spending-nya cukup besar di NTB," kata Arief.

Ia menambahkan di NTB setiap bulannya selalu ada event besar untuk menarik kunjungan wisatawan. Namun, ia menyarankan untuk gencar berpromosi di Bali.

"NTB dimasukan di 'Great Bali'. Kita harus manfaatkan jarak yang dekat dengan Bali. Jarak dari Bali hanya 30 menit atau 1 jam," katanya.

Menurut Arief, ia telah mewajibkan industri pariwisata di Bali untuk membuat paket dengan NTB. Jika hal tersebut berjalan, maka target wisatawan 2 juta lebih mudah tercapai. Arief menuturkan untuk Bali ditetapkan target kunjungan wisman tahun ini sebesasr 4 juta.

" Jadi sudah ada 4 juta orang di Bali, tinggal tarik mereka datang ke Lombok, terutama ke Sumbawa," ungkap Arief.

Seperti ditambahkan pula oleh Arief, pemerintah juga memberikan tambahan Rp 1 milyar untuk pengembangan sadar wisata di masyarakat NTB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.