Kompas.com - 13/03/2015, 15:17 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Fury325 disebut-sebut bakal menjadi “giga coaster” tertinggi dan tercepat di dunia. Tingginya hampir 100 meter dan melesat dengan kecepatan 95 mil per jam atau 153 kilometer per jam.

Dikutip dari The Telegraph, Fury325 enam meter lebih tinggi dari Patung Liberty. Dengan kecepatan dapat mencapai hingga 161 kilometer per jam, dengan turunan pertama yang mempunyai sudut kemiringan 81 derajat, wahana ini jelas bukan diperuntukkan bagi orang yang bernyali kecil.

Sebagai “giga coaster” tertinggi dan tercepat di dunia, wahana ini memiliki turunan yang  berkisar antara 91-122 meter. Dengan ketinggian lima kali lebih tinggi dibandingkan The Big Dipper di Blackpool.

Wahana ini akan dibuka untuk publik pada 28 Maret 2015 di Taman Rekreasi Carowinds di Carolina Utara, Amerika Serikat. Total investasi untuk menghadirkan Fury325 sebesar 50 juta dolar AS. Wahana "giga coaster" atau kereta luncur raksasa terkenal lainnya termasuk Millenium Force (94 meter) yang berada di Taman Hiburan Cedar Point di Sandusky, Ohio, Amerika Serikat dan Steel Dragon 2000 (97 meter) yang berada di Nagashima Spa Land, Jepang.

Fury325 sebenarnya bukan kereta luncur tertinggi di dunia: rekor tersebut jatuh kepada Kingda Ka, yang berada di Six Flags Great Adventure, New Jersey, yang membawa penumpangnya ke ketinggian yang berbahaya yaitu hingga 139 meter.

Taman rekreasi di Amerika Serikat mempunyai sejarah panjang pembukaan wahana-wahana pemecah rekor dunia. Waterslide tertinggi di dunia (51,38 meter) dibuka di Taman Rekreasi Kansas City tahun lalu. Sedangkan rekor baru roller coaster tertinggi di dunia akan dipecahkan pada 2017, dengan ketinggian 152,4 meter dibuka di komplek hiburan Skyplex, Florida.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.