Kompas.com - 16/05/2015, 13:52 WIB
Sejumlah pengunjung, Kamis (17/1/2013) tiba di Pulau Cingkuak, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dengan menumpang perahu penyeberangan wisata. Selain jaraknya yang relatif dekat dengan daratan utama Pulau Sumatera, di Pulau Cingkuak terdapat cagar budaya berupa Benteng peninggalan kolonial.

KOMPAS/INGKI RINALDISejumlah pengunjung, Kamis (17/1/2013) tiba di Pulau Cingkuak, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dengan menumpang perahu penyeberangan wisata. Selain jaraknya yang relatif dekat dengan daratan utama Pulau Sumatera, di Pulau Cingkuak terdapat cagar budaya berupa Benteng peninggalan kolonial.
|
EditorI Made Asdhiana
PESISIR SELATAN, KOMPAS.com - Para wisatawan kian menikmati titik-titik pariwisata di pesisir selatan Sumatera Barat. Salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pulau Cingkuak. Lokasi yang terjangkau dan wahana olahraga air menjadi alasan para wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata air ini.

"Ke sini (Pulau Cingkuak) mau lihat laut dari puncak pulau. Sudah tahu dari tahun lalu. Sudah dua kali ke sini. Dekat sih dari kota Painan," kata wisatawan dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sisri kepada KompasTravel di Pulau Cingkuak, Jumat (16/5/2015).

Datang bersama tiga orang lainnya, Sisri mengaku pemandangan laut dan obyek wisata sejarah berupa Benteng Portugis juga menjadi daya tarik untuk mengunjungi Pulau Cingkuak. Ia sengaja datang untuk mengisi liburan akhir pekan. "Fasilitasnya juga cukup lengkap. Lumayan deh liburannya," tambahnya.

Pemandangan laut dan wahana olahraga air pun menjadi pilihan wisata keluarga bagi para wisatawan. Itu yang diakui oleh Chandra dan Nila yang datang dari Kota Solok, Sumatera Barat bersama anggota keluarga. Mereka menikmati atraksi wisata air berupa banana boat dan jetski. "Dari Solok naik mobil bertujuh. Mau coba wahana air di sini. Memang senang olahraga air. Sekali-sekali coba karena kan aman di sini. Lautnya dangkal," kata Chandra sebelum mencoba wahana olahraga air banana boat.

Chandra mengatakan kunjungan ini merupakan kedua kali sejak tahun 2012 mengetahui informasi dari mulut ke mulut dan jejaring sosial seperti instagram dan facebook. Karena lokasi tidak jauh dari tempat tinggalnya, ia cukup berwisata dalam waktu satu hari. "Karena dekat jadi pilihan. Kami jadi tertarik ke sini," katanya.

Pulau Cingkuak terletak di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Sebelum menyeberang dengan perahu ke Pulau Cingkuak, wisatawan harus menuju Pantai Carocok. Dari Kota Padang menuju Pantai Carocok ditempuh sejauh 77 kilometer lewat jalur darat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X