Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2015, 13:00 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

CIREBON, KOMPAS.com – Kota Cirebon di Jawa Barat memiliki peninggalan-peninggalan sejarah yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Obyek-obyek wisata sejarah di Kota Cirebon tersebut berupa keraton, masjid, dan bangunan-bangunan peninggalan Belanda. Namun di sebelah utara Kota Cirebon, terdapat obyek wisata alam yang juga dapat dinikmati wisatawan.

Obyek wisata alam tersebut bernama Pantai Kejawanan. Terletak di Jalan Yos Sudarso dan berdekatan dengan Pelabuhan Cirebon, wisatawan dapat menikmati atraksi wisata yang tersaji di obyek wisata Pantai Kejawanan. Berikut lima hal yang dapat dilakukan di Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat.

Berkeliling dengan kapal

Di Pantai Kejawanan, terdapat beberapa kapal nelayan yang bersandar di pinggir pantai. Kapal-kapal nelayan tersebut setiap hari bersedia untuk mengantarkan para wisatawan yang ingin berkeliling di sekitar pantai utara Jawa ini. Nelayan-nelayan di Pantai Kejawanan ini akan mengajak berkeliling hingga sekitar satu kilometer dari tempat kapal bersandar. Harga yang ditawarkan untuk berkeliling menggunakan kapal ini berkisar Rp 5.000-Rp 10.000 per orang.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Kapal-kapal nelayan merapat di tepi Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (26/6/2015). Nelayan di tepi pantai akan menawarkan jasa untuk berkeliling dengan tarif Rp5.000-Rp10.000 per orang.

Memotret

Laut adalah salah satu obyek fotografi yang menarik untuk didokumentasikan. Selain itu, aktifitas yang berhubungan dengan laut pun juga tak luput untuk diabadikan. Di Pantai Kejawanan, wisatawan dapat mencoba memotret aktifitas-aktifitas seperti kapal-kapal nelayan yang sedang merapat ke pinggir pantai. Di sebelah selatan Pantai Kejawanan, Gunung Ciremai dapat terlihat jelas jika tidak tertutup awan. Waktu terbaik untuk datang memotret di sini adalah ketika matahari terbit dan terbenam.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Para warga Cirebon "ngabuburit" di Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (26/6/2015).

Duduk santai

Di Pantai Kejawanan terdapat satu medan berbatu yang berjarak hampir satu kilometer membelah laut. Wisatawan yang datang dapat bersantai menikmati suasana pantai sambil duduk-duduk. Namun, perlu diingat agar tidak melewati batas berbentuk pagar yang telah dibangun. Pagar tersebut berfungsi untuk melindungi wisatawan agar tidak terlampau jauh ke arah tengah laut. Karena merupakan obyek wisata alam yaitu laut, hal yang perlu diwaspadai adalah ketika air laut pasang dan ombak yang besar.

Santap cemilan

Jika perut lapar ataupun merasa haus, di tepi Pantai Kejawanan terdapat satu buah warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan untuk para wisatawan. Pengunjung dapat memesan kopi, teh manis, air mineral, nasi rames, mie instan, dan beberapa makanan dan minuman lain. Wisatawan akan disuguhkan dan menyantap makanan dan minuman dengan cara duduk lesehan. Pemandangan yang terlihat sepanjang mata memandang adalah laut lepas pantai utara Jawa dan juga kapal-kapal nelayan dan barang yang bersandar.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Matahari terbenam di Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (26/6/2015). Wisatawan dapat menikmati momen matahari terbenam di tepi pantai dengan siluet-siluet kapal.

Menikmati matahari tenggelam

Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Kejawanan adalah menjelang matahari terbenam. Dari arah kedatangan jika menggunakan kendaraan bermotor seperti motor atau mobil, matahari terbenam di sisi kiri pantai. Sinar matahari perlahan-lahan akan menghilang dan langit pun akan berwarna biru dan jingga kemerahan. Jangan lupa untuk dokumentasikan momen-momen saat matahari tenggelam. Foto-foto yang dapat dibuat adalah siluet-siluet kapal, manusia, dan juga bangunan-bangunan yang ada di sekitar pantai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+