Kompas.com - 17/07/2015, 16:43 WIB
Lalu lintas di sekitar Taman Margasatwa Ragunan, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (1/1/2013), mengalami kemacetan parah akibatnya banyaknya pengunjung ke lokasi wisata tersebut. KOMPAS.com/IMANUEL MORE GHALELalu lintas di sekitar Taman Margasatwa Ragunan, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (1/1/2013), mengalami kemacetan parah akibatnya banyaknya pengunjung ke lokasi wisata tersebut.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengelola Kebun Binatang Ragunan mengimbau pengunjung untuk melewati jalur alternatif untuk masuk ke dalam kawasan Ragunan. Hal tersebut diharapkan untuk mengantipasi kepadatan kendaraan pengunjung yang datang pada saat libur Lebaran.

“Kami mengimbau calon pengunjung Ragunan agar memperhatikan akses masuk agar tidak terjebak kemacetan. Saran kami bagi pengunjung yang datang dari Lenteng, Depok, Ciganjur masuk lewat pintu selatan karena tidak terlalu ramai,” kata Koordinator Humas Wahyudi Bambang saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Kamis (16/7/2015).

Wahyudi menuturkan wisatawan dapat memasuki Kebun Binatang Ragunan melewati empat pintu masuk. Selain pintu masuk di sisi utara, wisatawan dapat menuju pintu di sisi utara, selatan, timur, dan barat yang terletak di dekat Jagakarsa. “Kalau terjadi stagnan (kemacetan), biasanya polisi menutup jalan suaka margasatwa dan dialihkan pintu barat,” katanya.

Wahyudi mengatakan setiap libur Lebaran, pengunjung biasa datang melalui pintu utara yaitu dari arah Pejaten kemudian memasuki jalan Margasatwa. Hal tersebut, lanjut Wahyudi menyebabkan kemacetan yang panjang.

Wahyudi berharap dengan pengalihan jalan tersebut dapat memperlancar arus lalu lintas untuk masuk ke dalam kawasan Kebun Binatang Ragunan.

Menurut data dari pengelola, pada libur Lebaran tahun 2014, sebanyak 830.000 wisatawan datang ke Kebun Binatang Ragunan. Untuk tahun ini, Wahyudi belum dapat memperkirakan jumlah pengunjung yang akan datang ke Ragunan.

“Tahun ini mungkin karena libur pendek, 7 hari kelihatannya karena ada cuti bersama, sekarang tidak berbicara target. Kita berikan pelayanan terbaik saja,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.