Kompas.com - 28/07/2015, 10:50 WIB
Hiu Paus di Kalimantan Timur ini bahkan tidak pernah marah walau selalu diikuti manusia. KOMPAS.COM/GUSTI NARAHiu Paus di Kalimantan Timur ini bahkan tidak pernah marah walau selalu diikuti manusia.
|
EditorI Made Asdhiana
TALISAYAN, KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan rasanya berenang bersama hiu paus? Jika Anda tertarik menantang diri dan ingin merasakan pengalaman berenang bersama hiu paus, Anda bisa berenang di perairan Talisayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim).

Siapa pun dapat merasakan sensasi berenang dan berinteraksi bersama hiu paus. Jika beruntung, si hiu bahkan dengan rela bergandeng mesra dan berenang bersama. Hiu paus memang dikenal sebagai ikan besar yang tidak galak. Dia juga bukan berasal dari ras pemangsa. Sehingga, jika saat menyelam dan bertemu dengannya, jangan takut. Dia dengan ramah menghampiri manusia dan menantang untuk berenang bersama.

Salah satu komunitas pejalan dan penyelam Samarinda, Kadagaul, berkesempatan berenang dan berfoto bersama hiu paus di Talisayan. Di kedalaman air 5 meter, ikan cantik bermotif tutul itu sedang asyik bermain di bawah bagang. Ketika sekumpulan pejalan itu menyelam tanpa menggunakan scuba, hiu paus pun tertarik untuk berenang bersama.

“Kami memang datang ke Talisayan untuk bertemu dengannya (hiu paus). Dengan menghitung bulan dan bertanya pada nelayan sekitar, akhirnya kami bisa bertemu dengannya. Sangat mengagumkan, dia yang datang menghampiri kami, dan kami tidak perlu repot-repot mengejarnya. Dia sangat besar...,” kata Suhendra, salah satu anggota komunitas Kadagaul.

KOMPAS.COM/GUSTI NARA Hiu paus di Talisayang, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini sangat ramah dan suka diajak selfie bersama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.