Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Ini Pesona Vietnam di Mata Wisatawan Indonesia...

Kompas.com - 03/08/2015, 17:39 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Negara-negara di kawasan Asia Tenggara menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan Indonesia. Sederet negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam menawarkan obyek-obyek wisata seperti arsitektur, pantai, kuil, dan tempat-tempat bersejarah lain. Vietnam merupakan salah satu negara yang disukai wisatawan Indonesia untuk berlibur.

“Vietnam itu negara eksotis. Negaranya kan dibagi dua. Ada yang pro Amerika dan komunis. Di situ banyak sisa perang Vietnam,” kata wisatawan sekaligus penulis buku “Travel City Destinasi Bangkok Penang & Saigon”, Sonson NS kepada KompasTravel saat acara “#GetLostASEAN Making ASEAN Dreams Come True" di Century Park Hotel beberapa hari lalu.

Ia menyebutkan obyek-obyek wisata yang menjadi daya tarik baginya adalah terowongan bawah tanah bekas perang di Chu Chi Tunnel. Sonson menceritakan jika terowongan tersebut termasuk ke dalam Demilitarized Zone (DMZ). Tempat itu merupakan daerah pertempuran tergawat saat Vietnam terlibat perang.

“Namun ketika masuk ke Hanoi, keadaan berubah. Vietnam dulu kan terbagi antara mendukung blok barat dan timur,” kata pria yang hampir mengelilingi semua negara-negara di kawasan ASEAN ini.

Selain tempat-tempat peninggalan perang Vietnam, Sonson juga menyebutkan obyek-obyek wisata lain yang menarik. Ia mengatakan salah satu obyek wisata yang disukainya adalah Teluk Ha Long di Provinsi Quang Ninh.

“Di sana semacam teluk. Tidur di atas perahu kecil, Jung,” kata pria beranak dua tersebut.

Ia menceritakan bahwa salah satu atraksi wisata di sana adalah berkeliling dan makan di atas kapal itu. Son-son mengaku obyek wisata Teluk Ha Long membuatnya tertarik untuk mengunjungi kembali Vietnam.

“Benar-benar berkesan ketika mengunjungi Ha Long Bay. Sebuah tempat yang luar biasa. Pertama kali datang sendiri. Pokoknya sepi,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com