Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Karibia di Jawa Tengah, Namanya Karimunjawa...

Kompas.com - 20/08/2015, 08:29 WIB
KOMPASIANA — Benarkah ada wisata laut seperti di Kepulauan Karibia di Jawa Tengah? Judul di atas memang benar karena Jawa Tengah memiliki Kepulauan Karimunjawa sebagai andalan wisata laut. Sebagai kawasan wisata taman laut, Karimunjawa telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Karimunjawa yang melindungi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, dan fauna laut.

Di Kepulauan Karimunjawa terdapat sekitar 242 jenis ikan hias dan fauna langka, yakni elang laut dada putih, penyu sisik dan penyu hijau, serta tumbuhan dewa daru yang terdapat pada dataran rendah. Nama dewa daru kini diabadikan sebagai nama bandara di Pulau Kemujan.

Kepulauan Karimunjawa terletak di Laut Jawa dan masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, dengan luas daratan 1.500 hektar, luas perairan 110.000 hektar, dan memiliki total 27 pulau, dengan lima pulau yang berpenghuni.

Kepulauan Karimunjawa dan sekitarnya itu kaya destinasi wisata. Anda dapat melakukan wisata alam berupa wisata laut dan wisata darat, seperti pergi melihat penangkaran penyu, mengunjungi pantai pasir putih, bukit, snorkeling, diving, dan island hopping. Anda juga dapat menikmati wisata religi dan tentunya wisata kuliner.

Perjalanan yang dapat saya sarankan adalah perjalanan untuk 3 hari 2 malam dengan catatan faktor cuaca normal. Bila cuaca kurang mendukung, jadwal perjalanan akan terganggu.

Tips waktu berlibur ke Karimunjawa, pengunjung disarankan untuk memilih saat air laut tenang tanpa adanya gelombang tinggi. Meski cuaca sering berubah-ubah, estimasi waktu bepergian terbaik adalah pada bulan Maret hingga pertengahan Agustus, lalu pertengahan September hingga akhir Desember.

Anda dapat melakukan island hopping dengan menyewa perahu, dan tentunya wisata kuliner untuk mengenal berbagai makanan khas Jepara atau Karimunjawa, serta kunjungan ke tempat membeli oleh-oleh khas Jepara atau Karimunjawa. (Sutiono Gunadi)

Baca kisah selengkapnya di Kompasiana: "Karimunjawa, Ada Karibia di Jawa Tengah"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com