Pantai Bandealit, Watu Ulo, dan Payangan, Obyek Wisata Alternatif di Jember

Kompas.com - 14/09/2015, 13:59 WIB
Para wisatawan nusantara mengunjungi obyek wisata Pantai Watu Ulo, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015). Pantai Watu Ulo merupakan salah satu obyek wisata pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Jember. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPara wisatawan nusantara mengunjungi obyek wisata Pantai Watu Ulo, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015). Pantai Watu Ulo merupakan salah satu obyek wisata pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Jember.
|
EditorI Made Asdhiana
JEMBER, KOMPAS.com - Kabupaten Jember tengah menyiapkan obyek wisata Pantai Watu Ulo, Pantai Bandealit, dan Payangan sebagai wisata alternatif. Sebelumnya, Pantai Tanjung Papuma diakui sebagai tujuan utama wisatawan berkunjung ke Jember.

"Selain Papuma yang terkenal, kita sedang menyiapkan Watu Ulo dan Payangan sebagai wisata alternatif," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, Sandi Suwardi Hasan kepada wartawan saat ditemui beberapa hari yang lalu di Jember.

Ia mengatakan kedua pantai tersebut memiliki potensi yang menarik untuk dikembangkan. Sandi memberikan contoh seperti Pantai Payangan yang cocok menjadi tempat penyelenggaraan event.

"Payangan itu luar biasa untuk dibuat event besar misalnya acara otomotif, layang-layang, atau acara jenis lain. Ada hamparan bukit di Payangan," katanya.

Sandi menambahkan luas hamparan bukit di Payangan sekitar 20 hektar. Dengan luas tersebut, ia bermimpi untuk menyelenggarakan konser jazz rock di Payangan. Selain Pantai Payangan, Sandi juga menyebutkan potensi di Pantai Watu Ulo.

"Di Watu Ulo cocok untuk wisata surfing. Tidak ada salahnya kita memainkan tren wisata surfing," ungkapnya.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Batu karang berlumut terlihat saat air laut sedang surut di obyek wisata Pantai Tanjung Papuma, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015). Pantai Tanjung Papuma merupakan salah satu obyek wisata pantai yang kerap dikunjungi wisatawan.
Selain kedua pantai tersebut, masih terdapat satu pantai yang dipersiapkan untuk menarik kunjungan wisatawan. Sandi mengatakan pihaknya juga tengah menyiapkan Pantai Bandealit. Persiapan obyek-obyek wisata tersebut dari akomodasi dan infrastruktur agar dapat siap menampung wisatawan mancanegara dari Bali.

"Untuk tahun, 2016 kita sudah minta ke DPR untuk menggalakkan mangrove di pesisir Jember. Saya yakin dua tiga tahun ke depan akan turis-turis Bali yang jenuh akan datang," imbuhnya.

Kabupaten Jember berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso di sebelah utara, Kabupaten Banyuwangi di sebelah timur, dan Kabupaten Lumajang di sebelah barat. Obyek wisata yang terdapat di Jember yaitu Pantai Watu Ulo, Tanjung Papuma, Pantai Payangan, Kafe & Rest Area Gumitir, dan berbagai obyek wisata lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X