Bersepeda di Kaki Langit Himalaya - 7

Kompas.com - 04/11/2015, 09:24 WIB
Keluarga Mohammad Ali yang menyenangkan, pemilik warung tempatku menginap di Drass, India. MAX AGUNG PRIBADIKeluarga Mohammad Ali yang menyenangkan, pemilik warung tempatku menginap di Drass, India.
EditorI Made Asdhiana
Wartawan Warta Kota, Max Agung Pribadi melakukan penjelajahan bersepeda seorang diri ke kawasan Pegunungan Himalaya di India pada 28 September-17 Oktober 2015.

Berikut seri ke-7 laporannya yang disajikan dalam 10 tulisan.

*****

SETELAH merapikan semua barang, aku siap berangkat. Ali membangunkan anak-anaknya untuk melepasku pergi. Ah, menyenangkan sekali keluarga kecil itu.

Keluar dari Drass langsung disambut tanjakan panjang dan pemandangan indah Pegunungan Zanskar.

Pegunungan ini juga menjadi salah satu target para penjelajah yang datang ke kawasan ini karena keindahan dan keterpencilannya. Akses ke kawasan ini hanya melalui Kargil atau Darcha di ruas jalan Leh-Manali.

Pada jalur Drass-Kargil aku begitu sering berhenti untuk mengambil gambar karena keindahan lanskap pegunungan yang selama ini mungkin hanya ada di kartu pos atau brosur pariwisata dan khayalan.

Gunung-gunung besar berpuncak salju berpadu dengan langit biru dan sungai jernih yang mengular jauh di dasar lembah.

MAX AGUNG PRIBADI Roda doa pertama yang kutemui di dekat Mulbekh, penanda aku sudah keluar dari Lembah Kashmir dan masuk wilayah Ladakh, India.
Aku merasa begitu dimanjakan dan begitulah adanya sepanjang jalan nanti. Seluruh penderitaan yang kualami akibat cuaca, ketinggian, dan beratnya medan seolah dibalas oleh Himalaya dengan menunjukkan “kebesarannya”.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X