Bersepeda di Kaki Langit Himalaya - 8

Kompas.com - 05/11/2015, 09:22 WIB
Pesepeda Max Agung Pribadi siap-siap mendaki ke Fotu La (4.100 mdpl) di India. MAX AGUNG PRIBADIPesepeda Max Agung Pribadi siap-siap mendaki ke Fotu La (4.100 mdpl) di India.
EditorI Made Asdhiana
Wartawan Warta Kota, Max Agung Pribadi melakukan penjelajahan bersepeda seorang diri ke kawasan Pegunungan Himalaya di India pada 28 September-17 Oktober 2015.

Berikut seri ke-8 laporannya yang disajikan dalam 10 tulisan.

*****

SUDAH empat hari aku di perjalanan. Besok aku menghadapi pendakian ke titik tertinggi di jalur Srinagar-Leh, yaitu Fotu La (4.100m). Setelah itu masih sekitar 100 kilometer lagi menuju Leh.

Dengan perhitungan jarak dan kondisi medan, aku tak akan bisa memenuhi target memasuki Leh pada hari kelima.

Kuputuskan tetap mendaki Fotu La dan setelah itu menumpang kendaraan karena hari itu pula aku harus sampai ke Leh. Kalau tidak, maka waktu tempuh untuk hari-hari berikutnya akan semakin berat.

Saat tengah hari aku mencapai puncak Fotu La, hujan salju turun. Salju pertama Himalaya menyambutku. Butiran-butiran kecil seperti kapas beterbangan, mendarat di tubuh dan sepedaku. Dingin sekali, namun terasa menyenangkan.

Setelah mengambil gambar, aku meluncur turun sampai ke Khaltse dan mencegat sebuah truk pengangkut besi.

MAX AGUNG PRIBADI Merah Putih di Fotu La (4.100 mdpl), India.
Setelah tawar menawar, si sopir bersedia membawaku sampai ke Leh dengan ongkos 500 rupee. Semua bawaan dicopot masuk kabin sedangkan sepeda langsung dinaikkan ke atap. Jadi juga aku merasakan naik Himalayan Truck melintasi jalur sempit diapit jurang dan tebing yang mendebarkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X