Kompas.com - 19/02/2016, 09:20 WIB
Bukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah. BARRY KUSUMABukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah.
|
EditorI Made Asdhiana
BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Kawasan wisata Dieng di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo dipastikan menjadi satu dari empat paket wisata yang ditata untuk dipromosikan di tingkat dunia.

Kawasan Dieng akan ditata secara menyeluruh selain Borobudur, Karimunjawa dan Sangiran.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, empat wilayah tersebut telah dikaji oleh tim dan segera dilakukan kajian pengembangan.

"Tahun 2016 ini review, tahun depan sudah ada DED, dan 2018 mungkin sudah dieksekusi dan akan berubah," ujar Ganjar, Kamis (18/2/2018).

Dieng, menurut Ganjar, patut diberi perhatian. Sebab potensi wisata alam yang sangat banyak dan lengkap. Umat Hindu misalnya sekarang mulai mengarahkan pandangannya pada candi yang ada di Dieng.

"Ini potensi wisata, ada potensi pangan juga," katanya.

Terkait pengembangan, Ganjar menginginkan wilayah Dieng bisa dibangun akomodasi penginapan agar bisa menampung wisatawan lebih banyak.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Anak-anak bajang mengikuti tradisi potong rambut gimbal di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Minggu (2/8/2015).
Dengan penginapan, wisatawan diharapkan bisa tinggal lebih lama, serta mengeluarkan uang untuk berbelanja.

"Homestay, rumah warga harus juga nanti ada standarisasi wisata. Suvenir dari Dieng juga perlu ditata biar lebih menarik," ujarnya.

Menurut Ganjar, Dieng akan lebih menarik wisatawan jika nantinya bisa ditemukan spot yang menarik untuk paralayang. Jika itu ada, nilai tambah wisata Dieng akan semakin mendunia.

"Hujan es di Dieng, festival rambut gimbal. Ini satu-satunya di dunia. Tapi nanti pengembangan sekalian konservasi alam," tambahnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.