Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Penginapan Wisatawan di Pesisir Selatan

Kompas.com - 21/04/2016, 13:32 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

PAINAN, KOMPAS.com - Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat menyuguhkan banyak alternatif wisata, dari wisata alam, budaya, juga wisata maritim. Untuk menikmati berbagai atraksi wisatanya tentu perlu waktu lebih saat berlibur ke Pesisir Selatan.

Menginap adalah salah satu alternatif untuk Anda dan keluarga menghabiskan waktu liburan di berbagai destinasi wisata di Pesisir Selatan. Selain akses jalan, beberapa penginapan pun sudah selesai dibangun dan siap dihuni.

Di Kabupaten Pesisir Selatan, penginapan bagi wisatawan luar masih terbatas. Penginapan masih didominasi homestay dari warga sekitar destinasi wisata. Berikut KompasTravel merangkum alternatif tempat menginap di kawasan wisata Pesisir Selatan.

Homestay

Homestay di Pesisir Selatan berpusat di kawasan Pantai Carocok Painan, Kecamatan IV Jurai. Tepatnya di deretan rumah seberang landmark Pantai Carocok Painan. Homestay di sana merupakan rumah warga yang disewakan. Beberapa homestay merupakan rumah permanen hasil renovasi.

Biayanya pun bermacam-macam, semakin bagus semakin tinggi harganya. Namun rata-rata berkisar Rp 100.000 untuk satu malam.

Sedangkan untuk wisatawan yang mengunjungi daerah Terusan, atau kawasan wisata Mandeh dapat memilih homestay yang berada di pemukiman warga kawasan Pantai Carocok Terusan, dekat Pelabuhan.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu opsi penginapan di Pesisir Selatan, yaitu Guest House Viony, yang terletak di Jalan Sultan Hasanudin, Painan.
Guest House

Ada dua alternatif guest house terdekat di kawasan Painan, Pesisir Selatan. Pertama, Viony House, di Jalan Sultan Hasanuddin, dekat dengan Kota Painan, dan hanya lima menit menuju kawasan Carocok Painan.

Guest House ini memiliki 8 kamar dengan kapasitas dua sampai tiga orang, twin bed, wisatawan dapat menginap dengan nyaman seharga Rp 300.000 per malam.

Kedua, guest house di Bukit Langkisau, bernama Langkisau Resort. Penginapan tersebut berada di jalur menuju puncak Bukit Langkisau. Menyuguhkan pemandangan dari tengah bukit tersebut. Namun, beberapa bagian bangunan belum selesai tahap pembangunan, pada Sabtu (16/4/2016).

Cottage

Cottage di daerah wisata Pesisir Selatan berpusat di pulau-pulau kawasan wisata Mandeh. Beberapa pulau yang mendirikan cottage ialah kawasan Mandeh, Teluk Sikulo, dan Pulau Cubadak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com