Kompas.com - 26/04/2016, 18:10 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Wings Air yang merupakan anak usaha dari Lion Air Group terhitung per 27 April 2016 resmi melakukan ekspansinya dengan membuka sejumlah rute baru di Kepulauan Maluku.

Manajer Humas Lion Group Andy M Saladin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (21/4/2016) mengatakan Wings Air akan melayani penerbangan dari Kota Ambon yang merupakan ibu kota Maluku melalui Bandar Udara Pattimura (AMQ) menuju dan dari Dobo melalui Bandar Udara Dobo (OTI) yang berada di Kepulauan Aru.

Selain itu, lanjut dia, membuka rute penerbangan lainnya yaitu, dari Manado menuju Ternate melalui Bandar udara Sultan Babullah (TTE) dan bisa dilanjutkan menuju Morotai melalui Bandar Udara Pitu (OTI) dan sebaliknya.

Andy mengatakan Wings Air akan terbang setiap harinya sejak 27 April 2016 dengan rute Ambon-Dobo (PP) dan Manado-Ternate-Morotai dengan jadwal sebagai berikut, Ambon-Dobo pukul 07.50 dan 09.35, Dobo-Ambon pukul 09.55 dan 12.20 (isi bahan bakar di Langgur pukul 10.55) dan Manado-Ternate-Morotai pukul 07.30, 10.30, transit di Ternate 09.20

Selain itu, Morotai-Ternate-Manado pukul 10.50 dan 11.50 transit di Ternate 11.35, Manado-Ternate pukul 12.45 dan 14.35 serta Ternate - Manado pukul 14.55 dan 14.45.

Andy menjelaskan sedikit berbeda dengan maskapai Lion Air Group lainnya seperti Lion Air dan Batik Air, Wings Air merupakan maskapai yang melayani rute-rute di daerah dengan jarak terbang yangl lebih pendek guna menjadi 'feeder' (pengumpang) atau penghubung bagi maskapai Lion Air Group lainnya.

"Dengan membuka rute baru di Kepulauan Maluku, tentu ini merupakan salah satu ekspansi kami untuk terus memberi kemudahan akses transportasi di daerah terpencil," katanya.

Dia menambahkan dengan menghubungkan Kota Ambon dan Dobo, diharapkan dapat menjadi penunjang akses dari Dobo yang merupakan daerah kehutanan yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani untuk dapat bepergian ke Kota Ambon yang menjadi sentral dari Kepulauan Maluku.

Andy menambahkan sama hal nya dengan rute lain yang baru dibuka yaitu dari Manado menuju Ternate dan dilanjutkan menuju Morotai.

"Kami berharap rute-rute tersebut dapat membantu perekonomian dan pariwisata, serta mendukung mobilitas masyarakat kepulauan Maluku dan Sulawesi Utara dalam bepergian menggunakan transportasi udara," katanya.

Seperti diketahui, dalam beroperasi Wings Air merupakan maskapai pengguna pesawat baling-baling dengan tipe pesawat ATR 72-500 dan 72-600.

Andy menyebutkan sampai dengan saat ini jumlah armada Wings Air yang beroperasi sebanyak 49 unit dan jumlah tersebut akan terus bertambah sesuai dengan total pemesanan sebanyak 100 unit. (Antara/Juwita Trisna Rahayu)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.