Garuda dan Restoran Indonesia di Inggris Promosikan Kuliner Nusantara

Kompas.com - 19/06/2016, 15:02 WIB
Taksi di London, Inggris, dengan logo Wonderful Indonesia www.londontaxiadvertising.comTaksi di London, Inggris, dengan logo Wonderful Indonesia
EditorI Made Asdhiana

LONDON, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menjalin kerja sama dengan beberapa restoran Indonesia yang ada di Inggris guna mempromosikan kuliner dari Tanah Air di negara itu.

"Garuda Indonesia dan sejumlah restoran Indonesia yang berada di Inggris dengan difasilitasi KBRI London melakukan kerja sama promosi terpadu," kata Fungsi Pensosbud KBRI London, CP Dethis Gani kepada Antara London, Sabtu (18/6/2016).

Ia mengatakan kegiatan promosi terpadu ini dimaksudkan untuk mempromosikan dan mengembangkan kuliner Indonesia di Inggris serta meningkatkan "brand awareness" Garuda Indonesia di Eropa khususnya di Inggris.

Dalam pelaksanaannya, Garuda Indonesia akan mempromosikan sejumlah restoran Indonesia yang berada di Inggris melalui "inflight Magazine Colour" tentang profil dan keberadaan restoran tersebut serta brosur-brosur program Boarding Pass Through Value (BPTV) yang dibagikan kepada pelanggan Garuda Indonesia.

Di sisi lain, restoran Indonesia membantu mempromosikan informasi Garuda Indonesia untuk pasar Inggris dengan menempatkan brosur-brosur promosi Garuda Indonesia pada lokasi restoran serta memberikan potongan harga (diskon) antara 10 sampai 20 persen bagi penumpang Garuda Indonesia dengan menunjukkan boarding pass penerbangan Garuda Indonesia.

WWW.REKOMENDASI.ME Gado Gado Cemara.
Program promosi itu, pada tahap awal, berlaku untuk enam restoran dari keseluruhan 15 restoran Indonesia yang berada di Inggris.

Adapun keenam restoran tersebut adalah Bali Bali dan Nusa Dua yang berlokasi di Shaftesbury Ave, The Bali Lounge di King's Road, Reading dan Warung Padang di Prince of Wales PH, Scott Lidgett Cres, London serta Waroeng Windsor Upper Union St Aldershot, Hampshire dan Krakatoa York di kota York.

Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia, Dr Rizal Sukma menyatakan promosi terpadu yang didukung Garuda Indonesia juga merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke Inggris pada bulan April lalu khususnya dalam bidang ekonomi kreatif.

Pemerintah RI melalui KBRI London akan terus mendukung penuh upaya diplomasi kuliner Indonesia di Inggris guna meningkatkan pemahaman masyarakat luas mengenai keunikan dan kekhasan Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan asing ke Indonesia dan berujung pada peningkatan pemasukan devisa negara.

Jumlah wisatawan Inggris ke Indonesia adalah sekitar 280.000 pada tahun 2015 dan merupakan yang terbesar di antara negara Eropa lainnya.

Di samping itu, keterbukaan masyarakat Inggris dalam menerima budaya asing merupakan peluang dalam memasarkan produk kuliner Indonesia di Inggris.

KOMPAS.COM/MICHAEL Nasi Goreng Emon yaitu nasi goreng yang dibumbui dengan kunyit sehingga berwarna kuning.
Sementara, General Manager Garuda Indonesia untuk wilayah Inggris dan Irlandia, Jubi Prasetyo mengatakan kegiatan promosi itu adalah bentuk dukungan Garuda Indonesia untuk memajukan kuliner Indonesia di Inggris serta meningkatkan promosi Garuda Indonesia dengan memberikan fasilitas kepada penumpang Garuda untuk mendapatkan diskon pada restoran-restoran tersebut.

"Sejak 31 Maret 2016, penerbangan Garuda Indonesia menuju London dari Jakarta dan Singapura mendarat di Bandara London Heathrow guna mengakomodasi konektivitas bagi lebih banyak pelanggan Garuda Indonesia," kata Jubi Prasetyo.



Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X