Kompas.com - 01/07/2016, 21:03 WIB
Sun Yat Sen Memorial Park merupakan salah satu taman kota di mana Anda dapat mengakses Wi-Fi gratis. Dok. Kompas.com/Anne Anggraeni FathanaSun Yat Sen Memorial Park merupakan salah satu taman kota di mana Anda dapat mengakses Wi-Fi gratis.
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
– Akamai, perusahaan penyedia konten internet, pada kuartal 4-2015 mencatat bahwa Hongkong memiliki koneksi internet tercepat nomor enam di dunia. Istimewanya, laju internet “ngebut” ini tidak hanya bisa dinikmati Hongkongers saja, tetapi juga oleh wisatawan asing melalui Wi-Fi gratis.

Banyak wisatawan tidak tahu bahwa mereka tak perlu ribet mengganti kartu dengan simcard lokal ketika bertandang ke negeri itu. Terlebih lagi, simcard lokal di Hongkong terhitung mahal. Provider Csl, misalnya, mengenakan harga 118 HKD atau sekitar Rp 200.000 untuk kartu kartu prabayar mereka.

Fasilitas internet nirkabel sudah dapat Anda akses sejak menjejakkan kaki di Bandar Udara Internasional Hongkong (HKIA). Bandara ini menyediakan koneksi di tempat-tempat tunggu dan area publik terminal. Turis pun tak memerlukan kata sandi khusus.

Untuk tahu pasti, coba saja sekali-sekali nekat berniat hanya bakal mengakses internet lewat jaringan Wi-Fi. Jangan buru-buru beli simcard lokal atau mengaktifkan roaming internasional dari simcard Indonesia.

Hongkong memiliki rata-rata koneksi internet sebesar 16,8 Mpbs dengan kecepatan internet maksimal 105,2 Mpbs. Terbukti, berbagai situs web dapat diakses dengan lancar meski dibuka sambil memesan kamar hotel serta mengunduh peta jalur MTR—Mass Transit Railway atau kereta bawah tanah Hongkong.

Dari bandara menuju pusat Hongkong bisa ditempuh menumpang MTR. Untuk pembayaran, cukup bermodalkan kartu Octopus yang bisa dibeli seharga 150 HKD, setara sekitar Rp 260.000, dengan isi saldo 100 HKD.

Perjalanan dari HKIA, yang berada di Lantau Island, memakan waktu lebih kurang setengah jam untuk sampai di Hongkong Station—di distrik Hongkong Island. Anda harus transit di stasiun ini bila hendak menjelajah distrik tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekadar informasi, Hongkong merupakan sebuah negara yang terdiri dari beberapa pulau. Pemerintahan setempat membagi wilayahnya dalam empat distrik, yaitu Lantau Island, Hongkong Island, Kowloon, dan New Territories.

Dari stasiun sampai toko kelontong

Di Hongkong, wisatawan hendaknya benar-benar memperhatikan penanda arah jalan. Pasalnya, ‘malu bertanya sesat di jalan’ tidak berlaku dalam budaya setempat. Lagi pula, penanda arah di sana sudah dibuat dengan baik dan sangat jelas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.