Yuk Baca, Komik Menghibur tentang Perjalanan Keliling Flores

Kompas.com - 08/08/2016, 17:04 WIB
Kapal feri menyeberangi Selat Sape dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju Pelabuhan Sape, Kamis (27/4/2016). KOMPAS.com / Sri Anindiati NursastriKapal feri menyeberangi Selat Sape dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju Pelabuhan Sape, Kamis (27/4/2016).
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) punya "magnet" yang sangat kuat, baik bagi turis domestik maupun mancanegara.

Banyak buku yang menceritakan perjalanan keliling Flores, atau guide book berisi how to get there, where to stay, dan sebagainya. Namun, ada satu buku, lebih tepatnya komik, yang patut Anda baca sebelum menyambangi Flores.

Naik-Turun Labuan Bajo, dari Hiking Sampai Snorkeling, begitu judul buku karangan Ima Tri Kurniawati. Semua dimulai ketika sang penulis mengikuti Workshop Komik Wisata yang diadakan Akademi Samali, komunitas komik yang fokus pada pengembangan potensi komikus muda.

Acara tersebut merupakan hasil kerja sama Akademi Samali dengan kementerian yang pada 2014 masih bernama Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ima adalah salah satu peserta dari UNS yang lolos seleksi dengan tujuan, tak lain tak bukan: Flores.

Dalam komik tersebut, penulis hanya menggunakan dua karakter: Ima dan Eerie. Ima, digambarkan berjilbab, adalah tipe wisatawan yang perfeksionis dan rinci. Sebaliknya, Eerie yang berambut keriting adalah tipe wisatawan yang slengean.

Perjalanan dimulai dari sebuah hotel di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tujuan awal mereka adalah Labuan Bajo, pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Dengan cara berkisah yang lucu dan menghibur, Ima memaparkan semua kemungkinan transportasi untuk menuju kota mungil tersebut.

Transportasi adalah salah satu kendala saat traveling ke Indonesia bagian tengah dan timur. Meski Indonesia adalah negara kepulauan, tak semua pulau bisa dicapai dengan mudah. Banyak pulau kecil mengharuskan wisatawan naik kapal feri dengan jadwal tertentu. Bahkan saat cuaca buruk, bisa jadi tak ada kapal yang berlayar. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X