Kompas.com - 29/09/2016, 10:26 WIB
Burung-burung camar hinggap santai pada kawasan pantai di Kota Geraldton, Australia Barat. KOMPAS.com/Nabilla TashandraBurung-burung camar hinggap santai pada kawasan pantai di Kota Geraldton, Australia Barat.
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Melancong ke Australia tak melulu harus ke Sidney, Melbourne, atau Perth. Ada banyak titik di negeri kangguru yang bisa dijadikan alternatif pilihan untuk berlibur atau sekadar bersantai.

Berkendara sekitar 400 kilometer ke utara dari Perth, Anda bisa menikmati udara mediteranian Kota Geraldton. Geraldton tak begitu besar. Penduduknya berkisar 30.000 jiwa. Rumah-rumah cukup berjauhan dan sunyi pada malam hari.

Bahkan di masa liburan, Geraldton kerap ditinggalkan penghuninya yang bepergian ke daerah-daerah lain.

Kota tersebut pun seperti kota mati pada malam hari. Aktivitas warga tak terlihat lagi di atas jam 7 malam. Periode akhir September disebut menjadi momentum yang tepat untuk mengunjungi Geraldton.

Kali itu saya mengunjungi Geraldton. Suhunya jelas jauh dari suhu panas Jakarta yang kerap kali mencapai 30 derajat celcius pada periode akhir September.

KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Selain bisa menikmati pemandangan pantai di Geraldton, Australia Barat, terdapat pula taman bermain anak yang terletak tak jauh dari garis pantai.
Geraldton pada malam hari di akhir September suhunya kurang dari 10 derajat celcius. Sangat menggigit bagi yang biasa tinggal di negara tropis.

Ditambah lagi, angin Geraldton pada malam hari sangat kencang. Siang hari, tak kalah menggigit.

Namun diimbangi dengan terik matahari yang menyoroti daerah dekat garis pantai tersebut. Justru, merupakan pengalaman menarik merasakan suhu dingin di pinggir pantai. Di mana biasanya ketika saya berkunjung ke daerah-daerah pantai di Indonesia, suhunya kerap kali tinggi dan membuat kita berkeringat.

Temperatur musim panas di Geraldton berkisar 32-33 derajat celcius. Sedangkan pada musim berangin, antara Oktober hingga April, temperaturnya berkisar 20 derajat celcius dengan diiringi hujan.

Banyak obyek wista yang bisa dikunjungi di Geraldton. Salah satunya pesona pantainya. Sejumlah orang mendatangi pantai di Kota Geraldton dengan sejumlah tujuan. Pengunjung bisa menikmati kite surfing, memancing atau sekadar menikmati pemandangan laut biru yang memanjakan mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X