Inspiratif, Nenek Ini "Traveling" mulai Usia 83 Tahun

Kompas.com - 24/11/2016, 17:09 WIB
Seorang nenek asal Rusia, Yelena Yerkhova (89) baru mulai jalan-jalan sekitar enam tahun lalu. INSTAGRAM/BABUSHKA1927Seorang nenek asal Rusia, Yelena Yerkhova (89) baru mulai jalan-jalan sekitar enam tahun lalu.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com — Tak ada kata "tua" untuk traveling. Seorang nenek asal Rusia, Yelena Yerkhova (89), baru mulai jalan-jalan sekitar enam tahun lalu. Kini, ia sudah menyambangi berbagai negara, termasuk Israel dan Vietnam. 

Mengutip Lonely Planet, Rabu (23/11/2016), Yelena berasal dari Krasnoyarsk (Siberia). Grandma Lena, begitu dia biasa dipanggil, mulai traveling saat usianya beranjak 83 tahun. Sebagai mantan pekerja saat Perang Dunia II, Grandma Lena tidak bisa beranjak dari kediamannya.

Hingga akhirnya dia pensiun dan menabung 155 dollar AS (Rp 2 juta) per bulan sebagai modal traveling. Dia juga berjualan bunga, dan sering menerima order jahitan.

Saat ini, Grandma Lena sudah menyambangi banyak negara. Ceko adalah salah satu negara favoritnya. Sang nenek juga sudah menyambangi Jerman, Israel, hingga Vietnam. Dia berharap bisa menghabiskan hari ulang tahunnya yang ke-90 di Italia atau Republik Dominika. 

INSTAGRAM/BABUSHKA1927 Grandma Lena saat berwisata naik unta di Israel.

Di Vietnam, Grandma Lena bersantai dan berwisata kuliner. Saat berkunjung ke Israel, ia berwisata naik unta. Ke mana pun Grandma Lena pergi, ia pasti bertemu orang baru yang senantiasa menolong sepanjang perjalanan.

Grandma Lena kini punya akun Facebook dan Instagram, yang dipegang oleh cucunya. Semangat Grandma Lena menginspirasi banyak wisatawan lainnya. Operator tur berlomba-lomba menawarkannya trip murah. Bahkan salah satu bank di Rusia, yakni Sberbank, menjanjikannya perjalanan ke mana pun di seluruh dunia.

Perjalanan Grandma Lena bisa diikuti di akun Instagram-nya, yakni @babushka1927. Akun tersebut kini memiliki 2.600 followers, dan semakin lama semakin bertambah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X