Belajar Tentang Herbal dan Kopi, Aktivitas Wisata Baru di Tabanan

Kompas.com - 13/12/2016, 08:08 WIB
Di area ini, pengunjung akan diajak mengunjungi Beauty Heritage Museum yang menyimpan sejarah dunia kecantikan dan kosmetik di Indonesia, membuat kosmetik dari bahan alami di area mini plant serta menonton film pendek tentang kosmetik Indonesia dari masa ke masa. Dok. Bali Secret GardenDi area ini, pengunjung akan diajak mengunjungi Beauty Heritage Museum yang menyimpan sejarah dunia kecantikan dan kosmetik di Indonesia, membuat kosmetik dari bahan alami di area mini plant serta menonton film pendek tentang kosmetik Indonesia dari masa ke masa.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Bali kini memiliki obyek wisata edukasi baru bernama Bali Secret Garden. Wisatawan bisa belajar tentang kekayaan herbal Indonesia yang belum banyak diketahui. Misalnya, pembuatan lulur tradisional dan keunggulan kopi Tanah Air.

"Ini objek wisata dan edukasi herborist pertama di Bali Utara. Namanya Bali Secret Garden. Wahananya telah resmi dibuka per 9 Desember 2016 oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Ini menjadi destinasi baru pariwisata Bali,” terang Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar, Vita Datau Messakh seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Pariwisata kepada KompasTravel, Senin (12/12/2016).

Secara arsitektur, bangunan Secret Garden Village adalah perpaduan unsur modern dan tradisional khas Bali. Bangunan di Secret Garden Village ini terinspirasi dari pegunungan yang ada di sekitar Tabanan.

Di Bali Secret Garden, wisatawan bisa mengunjungi Oemah Herborist Factory Outlet dan menjumpai salah satu produk kecantikan yang terkenal dengan lulur khas Bali-nya. Di area ini, pengunjung akan diajak mengunjungi Beauty Heritage Museum yang menyimpan sejarah dunia kecantikan dan kosmetik di Indonesia. Pengunjung juga bisa membuat kosmetik dari bahan alami di area mini plant serta menonton film pendek tentang kosmetik Indonesia dari masa ke masa.

Selanjutnya, ada wisata edukasi tentang kopi di Black Eye Coffee and Roastery yang bisa dinikmati. Di bagian ini, pengunjung bisa mempelajari proses pembuatan kopi berkualitas tinggi yang diracik langsung oleh para barista.

Dok. Bali Secret Garden Bagi pecinta kopi, Black Eye Coffee memberikan Anda kesempatan untuk menjelajah museum kopi, melihat proses pembuatan mulai dari pemrosesan biji mentah hingga menjadi kopi bubuk berkualitas tinggi, menyesap lezatnya kopi dari berbagai macam jenis, dan tentunya memilih berbagai jenis kopi untuk Anda bawa pulang.
Sambil beristirahat sejenak, pengunjung juga bisa menikmati berbagai jenis kopi khas Nusantara seperti Kopi Toraja, Aceh, Lampung, Jawa, dan kopi dari beragam daerah lain.

“Kopi yang diolah di sini semuanya adalah kopi khas Nusantara, namun pengolahannya menggunakan mesin yang modern,” tambah Vita.

Bagi pecinta kopi, Black Eye Coffee memberikan Anda kesempatan untuk menjelajah museum kopi, melihat proses pembuatan mulai dari proses pengolahan biji mentah hingga menjadi kopi bubuk berkualitas tinggi, menyesap lezatnya kopi dari berbagai macam jenis, dan tentunya memilih berbagai jenis kopi untuk Anda bawa pulang.

Selain dua aktivitas tersebut, Anda dapat menikmati indahnya alam Bedugul yang dikelilingi perbukitan sambil menikmati kuliner lezat khas Bali dan menu internasional di Rice View Resto. Tempat makan ini khusus untuk BBQ, sementara The Luwus Resto yang menyediakan menu Nusantara dan menu masakan Asia.

“Menu tradisional Tabanan Bebek Luwung menjadi makanan andalan tempat ini, selain makanan seafood dan makanan Western lainnya. Bebek luwung diolah dengan bumbu khas Bali yang memberikan pengalaman rasa secara lengkap,” terang wanita yang juga menjabat Ketua Akademi Gastronomi Indonesia itu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X