Pengakuan Jujur Para Pilot Maskapai Penerbangan Dunia...

Kompas.com - 01/01/2017, 13:05 WIB
Air Transat mengonfirmasi bahwa dua pilotnya ditangkap sesaat sebelum lepas landas dari Glasgow, Skotlandia, menuju Toronto, Kanada, Senin (18/7/2016) siang. Jeff J Mitchell/GettyAir Transat mengonfirmasi bahwa dua pilotnya ditangkap sesaat sebelum lepas landas dari Glasgow, Skotlandia, menuju Toronto, Kanada, Senin (18/7/2016) siang.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com – Profesi pilot tentu tak lazim bagi di kehidupan Anda. Orang yang menerbangkan dan mengemudikan pesawat ini pasti memiliki sertifikasi atau lisensi lewat ujian resmi, serta menempuh sekolah penerbangan. 

Sebuah artikel dari Telegraph Travel mengungkap pengakuan pilot-pilot maskapai penerbangan seperti American Airlines, British Airways, dan Monarch Airlines. 

Autopilot mengambil peran

“Tak ada gunanya menyangkal bahwa autopilot dilakukan dalam sebagian besar pekerjaan (pilot),” kata seorang pilot Monarch, Sam Bray kepada Telegraph Travel pada awal tahun 2016.

Sam mengatakan pada penerbangan reguler, autopilot dilakukan pada sekitar 90 persen penerbangan.

Pilot biasanya menangani pendaratan pesawat di bandara, tapi banyak pesawat dan bandara modern memiliki sistem “Autoland” yang kadang-kadang digunakan dalam kondisi berkabut tebal.

"Pilot bahkan tidak harus melihat landasan sebelum kami mendarat di bandara, seperti Heathrow yang (punya) fasilitas yang maju," kata seorang pilot British Airways, Steve Allright.

BOEING Pada pesawat tipe Boeing 777, pilot memiliki tempat istirahat pribadi yang terletak di atas kokpit.
Gaji pilot

Telegraph Travel mengungkap gaji seorang pilot pemula berkisar 36.000 Euro dalam setahun. Hal itu berdasarkan keterangan The British Association Airline Pilots (BALPA).

Balpa juga menyebutkan gaji pilot tersebut kemungkinan akan naik ke kisaran 140.000 Euro dalam setahun. Untuk menempuh sekolah penerbangan, calon penerbang harus mengeluarkan biaya sekitar 80.000 Euro.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Telegraph

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X