Kompas.com - 03/01/2017, 14:01 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

GRESIK, KOMPAS.com – Selain Kabupaten Sidoarjo, Gresik juga terkenal sebagai penghasil ikan bandeng di wilayah Jawa Timur.

Nah, tidak ada salahnya jika anda sedang berkunjung di kabupaten yang berbatasan dengan Surabaya dan Lamongan ini, bisa meluangkan sedikit waktu untuk mencicipi lezatnya makanan dengan olahan ikan bandeng.

Ada banyak makanan olahan bandeng yang bisa dinikmati di Gresik. Mulai dari yang tersohor seperti otak-otak bandeng dan abon bandeng, atau juga olahan terbaru yang menjadi salah satu sajian di Hotel Pesonna Gresik, bandeng sambal dabu-dabu.

“Selama ini, Gresik kan juga sudah banyak dikenal orang melalui ikan bandeng, makanya kami juga ingin lebih memperkenalkannya. Dan untuk mempertahankan kearifan lokal ini, kami coba menawarkan bandeng sambal dabu-dabu ini,” kata General Manager Hotel Pesonna Gresik, Joko S. Widiyanto, Selasa (3/1/2017).

(BACA: Bandeng Kedai Panorama, Sambalnya Luar Biasa...)

Sejak didapuk menjadi salah satu sajian andalan di hotel yang beralamat di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Sidokumpul, Gresik, ini bandeng sambal dabu-dabu cukup diminati tamu. Lantaran selain terasa gurih, ikan yang lembut dan lepas tulang membuatnya cukup mantap untuk dinikmati.

“Apalagi dipadu dengan sajian sambal yang bisa disesuaikan dengan selera, mulai sangat pedas, pedas, dan sedang, membuat para pengunjung rata-rata mengaku ketagihan untuk kembali menikmatinya,” jelas Joko.

Menurut chef Hotel Pesonna Gresik, Bagus Sumargono, olahan bandeng sambal dabu-dabu ditemani acar dan nasi putih seharga Rp 40.000 ini cukup mudah untuk disajikan. Selain satu ekor ikan bandeng yang sudah dalam keadaan bersih dan dipresto untuk mengambil tulangnya, juga dibutuhkan beberapa rempah-rempah dalam memasaknya.

“Jadi meski tanpa sambal pun, bandeng ini sudah terasa enak dan lezat untuk dinikmati, karena sudah terasa gurih dan pas di lidah. Tapi memang lebih nikmat lagi, jika disajikan secara komplet dengan acar dan sambal,” kata Bagus.

Siti Rahmah (41), salah satu pengunjung Hotel Pesonna Gresik mengaku begitu menikmati bandeng ini.

“Meski saya warga asli Gresik dan sudah beberapa kali menikmati masakan dari olahan ikan bandeng, namun baru kali ini saya merasakan sajian ikan bandeng yang gurih, lembut, dan nikmat. Selain itu, sambalnya juga cukup pas di lidah,” kata Siti Rahmah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.