Kompas.com - 29/01/2017, 16:03 WIB
Pantai Trikora di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. BARRY KUSUMAPantai Trikora di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BINTAN,KOMPAS.com - Sebanyak 305.000 wisatawan mancanegara (wisman) tercatat mengunjungi Kabupaten Bintan sepanjang tahun 2016.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Z Prawira saat membuka "Utara Race Perahu Jong" di Pantai Trikora, Sabtu (28/1/2017).

"Bintan itu sebagai penyumbang wisman terbesar keempat di Indonesia. Itu sejak dua tahun terakhir. Pertama itu Bali, kedua Jakarta, ketiga Kepulauan Riau yaitu Batam dan keempat Bintan," kata Luki.

BACA JUGA: Seperti Siput, Ini Kuliner Laut dari Kepulauan Riau

Ia menyebutkan persentase kunjungan wisman terbesar berasal dari Singapura, yakni 23 persen dari total kunjungan. Sementara wisman asal China sebesar 12 persen

"Wisman China itu masuk dari Singapura dan lewat laut ke Bintan. Sisanya dari Eropa dan negara lain," jelas Luki.

BARRY KUSUMA Pantai Trikora di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Sementara itu, lanjut Luki, wisman asal Singapura paling banyak mengunjungi Bintan lantaran letaknya yang dekat. Ia mengatakan wisman asal Singapura biasa datang pada akhir pekan. 

"Rata-rata masa tinggal wisman di Bintan sekitar 2,5 hari. Wisatawan Eropa biasa tinggal lebih lama," sebut Luki.

BACA JUGA: Simak! Ini Panduan Berwisata ke Provinsi Riau

Luki menyebut wisman datang ke Bintan biasanya menikmati wisata laut seperti kite selancar, snorkeling, diving, dan menikmati kuliner laut. Wisman juga biasa menginap di kawasan resor Bintan.

Bintan adalah salah satu destinasi wisata di Kepulauan Riau. Wisatawan bisa masuk mengunjungi obyek wisata seperti Pantai Trikora.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.