Kompas.com - 10/03/2017, 17:04 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

WAISAI, KOMPAS.com - Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat akan menjadi tuan rumah kegiatan Sidang Sinode XVII. Sidang keagamaan itu akan diwarnai dengan festival budaya. Rangkaian kegiatan berlangsung 10-13 Maret 2017.

Sidang Sinode merupakan kegiatan gerejawi yang rutin dilakukan tiap lima tahunan di tanah Papua. Kompas.com berkesempatan untuk menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut.

(BACA: Blusukan Pagi di Pasar Waisai Raja Ampat, Apa Menariknya?)

Ketua Badan Pekerjaan AM Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt Albert Yoku menjelaskan kegiatan yang menghabiskan dana sebesar Rp 21 miliar itu diprediksi dihadiri 5.000-an jemaat se-Papua.

"Kita didukung oleh Pemda Raja Ampat dan ada pernyataan sikap bahwa seluruh masyarakat siap mendukung kegiatan ini dengan menciptakan situasi yang kondusif, " ujar Albert di Waisai, Jumat (10/3/2017) siang.

Sidang Sinode akan digelar pada 13 Maret 2017 dan dilakukan secara tertutup.

(BACA: Raja Ampat Menanti Jadi Tuan di Laut Sendiri)

Sidang itu, menurut Albert, akan membahas seluruh rencana program kerja panitia. "Kita melibatkan seluruh kemajemukan masyarakat di Raja Ampat. Warga Muslim pun ikut membantu kegiatan ini, " katanya.

Rangkaian kegiatan Sidang Sinode akan diawali dengan Festival Budaya yang dipusatkan di Pantai WTC, Waisai, pada Jumat sore.

Selain itu, Sidang Sinode juga menjadi momentum peresmian Gereja Alfa Omega yang memiliki bentuk bangunan seperti penyu belimbing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.