Jadi Makanan Terenak di Dunia, Ini Dia 8 Jenis Rendang

Kompas.com - 14/07/2017, 17:02 WIB
Tak seperti rendang di restoran Padang pada umumnya yang berwarna merah. Di RM Pagi Sore, rendangnya berwarna cokelat tua. KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRITak seperti rendang di restoran Padang pada umumnya yang berwarna merah. Di RM Pagi Sore, rendangnya berwarna cokelat tua.
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Rendang bukanlah nama masakan, dan tidak selalu identik dengan daging sapi. Reno Andam Suri, penulis buku "Rendang Traveler" menyebutkan bahwa rendang dalah proses memasak.

"Karena rendang proses masak, tidak bisa dipaksakan setiap daerah bisa sama (bahannya)," tutur Reno kepada KompasTravel beberapa waktu lalu. 

Wanita itu mengatakan bahwa setiap daerah di Sumatera Barat punya bahan baku khas untuk direndang.

"Pada dasarnya mereka menggunakan bahan apa yang ada di daerah mereka. Tidak ada batasan benar atau salahnya rendang berdasarkan bahan baku," tuturnya.

Dihimpun KompasTravel, berikut 8 bahan baku yang biasa diolah menjadi rendang.

Rendang daging

Rendang jenis ini paling terkenal, dan paling banyak ditemui di tiap daerah. Rendang daging pula yang menyandang predikat sebagai makanan terenak di dunia versi CNN selama dua tahun berturut-turut.

BACA: Rendang dan Nasi Goreng Sabet Predikat Makanan Terenak di Dunia

Rendang ayam

Rendang yang satu ini dapat diolah dengan cara digiling, dipotong atau disuwir. Rendang ayam bisa jadi pilihan karena harganya yang lebih murah dibandingkan daging sapi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X