Kompas.com - 22/08/2017, 19:06 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampaknya pilihan penerbangan berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) di Indonesia akan semakin banyak. Tepatnya setelah maskapai LCC asal Vietnam, VietJet, meresmikan rencana pembukaan rute Jakarta - Ho Chi Minh City (HCMC).

Vice President Business Development VietJet, Dinh Viet Phuong mengatakan kerja sama antara Vietnam dan Indonesia akhir-akhir ini terus berkembang baik dari segi ekonomi, bisnis, dan pariwisata. Dengan adanya rute pertama VietJet di Indonesia, harapannya akan lebih meningkatkan kerja sama kedua belah pihak.

"Dengan populasi 250 juta orang, saya rasa memang Indonesia merupakan pasar yang potensial selain Singapura, dan Malaysia," ujar Dinh Viet Phuong di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa, (22/8/2017).

Viet Jet Air resmi mengumumkan rencana penerbangan rute Jakarta-Ho Chi Minh yang akan ditargetkan mulai 20 Desember 2017, di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa, (22/8/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Viet Jet Air resmi mengumumkan rencana penerbangan rute Jakarta-Ho Chi Minh yang akan ditargetkan mulai 20 Desember 2017, di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa, (22/8/2017).

Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya menyambut baik rencana penerbangan rute baru tersebut. Ia mengatakan, dengan adanya LCC baru tersebut, Indonesia semakin terkoneksi dari segi bisnis dan pariwisata.

"Prinsip yang bisa kita ambil dari pembukaan penerbangan Internasional ini lebih terkoneksinya hubungan bisnis antar kedua negara, yang kita tahu Indonesia dan Vietnam cukup favorit juga dalam hal wisata di Asia Tenggara. Jadi harapannya bisa saling memajukan," ujar Budi Karya dalam kesempatan yang sama.

Penerbangan perdana VietJet ditargetkan akan berlangsung mulai 20 Desember 2017, dan akan beroperasi setiap hari. Saat ini pihak VietJet masih melengkapi persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh Kementerian Perhubungan.

BACA: Semalaman Mencari Angin di Ho Chi Minh City

 

Nantinya perjalanan udara yang menempuh waktu tiga jam ini akan berangkat dari Jakarta pukul 01.40 dini hari, dan mendarat di HCMC pukul 04.40 pagi. Sedangkan rute sebaliknya berangkat pukul 20.40 dan tiba di Jakarta pada 23.40 WIB. Tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Vietnam.

"Nanti akan diarahkan ke terminal dua Bandara Soekarno Hatta dulu untuk pertama kali ya. Sedangkan tarif kita belum bicara sampai sana, yang jelas kita juga ada ketentuan tarif yang harus dipatuhi," terang Budi Karya.

Pihak VietJet sendiri lebih memilih Jakarta karena merupakan pintu masuk yang umum untuk bisnis maupun pariwisata. Setelah Jakarta, VietJet baru berencana membuka penerbangan Bali-HCMC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.