Kompas.com - 12/09/2017, 12:05 WIB
Bus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri PT Putera Mulya SejahteraBus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir tahun 2016, pasar bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Pulau Jawa kedatangan armada baru. PT Putera Mulya Sejahtera atau lebih dikenal sebagai PO Putera Mulya menghadirkan dua unit bus double decker. Inilah bus tingkat pertama yang beroperasi di Pulau Jawa.

Peluncuran bus double decker tersebut disambut baik oleh masyarakat, hingga dua unit bus yang sama ditambah lagi oleh PO Putera Mulya pada Juni 2017.

"Kami ingin transportasi bus tidak lagi dipandang sebelah mata. Pada saatnya nanti, ketika jalan tol sudah menghubungkan kota-kota di Indonesia, khususnya di Jawa, bus-bus semacam ini yang akan banyak dibutuhkan,” kata pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (23/6/2017).

BACA: Ini Rute dan Tarif Bus Tingkat AKAP di Indonesia

Bus double decker PO Putera Mulya dioperasikan melalui rute Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri. Rute tersebut menurut Lesani dipilih karena selalu kembung, alis penuh penumpang. Bahkan Lesani menyebut sampai ada pelanggan fanatik.

Penasaran dengan bus double decker pertama di Pulau Jawa, KompasTravel mencoba melakukan perjalanan dari Jakarta ke Solo menumpang bus keluaran produsen Swedia yang disebut Scania K4101B Opticruise.

Elegant class di lantai satu bus double decker PO Putera Mulya.KOMPAS.com/ Lulu Cinantya Mahendra Elegant class di lantai satu bus double decker PO Putera Mulya.

Perjalanan KompasTravel dimulai pada 31 Agustus 2017, bertepatan dengan malam takbiran jelang Hari Raya Idul Adha.

Perjalanan dimulai dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Setelah berangkat, bus mengambil penumpang di agen bus yang terletak di Bekasi, kemudian melaju ke Solo. 

BACA: Bus Tingkat Antar Kota Antar Provinsi Semakin Diminati

Akibat jalan yang cukup padat, terutama saat keluar Jakarta, akhirnya perjalanan dari Jakarta ke Solo lewat jalur pantura ditempuh selama 12 jam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X